Logo Saibumi

Peringati Hari Pramuka ke-60 Kwarda DIY, Adakan Ulang Janji Secara Luring Terbatas , Daring dan Live Streaming

Peringati Hari Pramuka ke-60 Kwarda DIY, Adakan Ulang Janji Secara Luring Terbatas , Daring dan Live Streaming

Saibumi.com (SMSI), JOGJA - Selain kemeriahan kemerdekaan Republik Indonesia, bulan Agustus adalah bulan pramuka. Gerakan Pramuka lahir secara resmi sejak 14 Agustus 1961.

 

BACA JUGA: Inovatif, Cara Fakultas Filsafat Kenalkan Kampus UGM Dengan Game Virtual

"Tahun ini, tepat 60 tahun Gerakan Pramuka. Setiap anggota pramuka memeriahkan dan memperingatinya dengan berbagai kegiatan kreatif meski masih di tengah pandemi COVID-19," ucap Choiri Setiawan dari Pusbang Jusinfo Kwarda saat ditemui awak media, Jumat (13/8/21) pagi.

 

Choiri menambahkan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) pada peringatan Hari Pramuka ke-60 ini melaksanakan serangkaian kegiatan.

 

Pertama, kegiatan lomba-lomba dalam rangka Hari Pramuka ke-60 yang terdiri dari Lomba Melukis (tingkat Siaga), Lomba Maca Geguritan (tingkat Penggalang), Lomba Menulis (tingkat Penegak/Pandega), Lomba Macapat (tingkat Pembina), dan Lomba Menyanyi bagi Pramuka Berkebutuhan Khusus.

 

"Pelaksanaan lomba-lomba semua melalui daring pada bulan Juli hingga awal Agustus 2021 dengan mengumpulkan karya kepada panitia baik melalui surel maupun dikirimkan lewat ekspedisi. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada 13 Agustus 2021, tepatnya nanti sore," jelasnya.

 

Sebelumnya, Minggu, 8 Agustus 2021 telah dilaksanakan Ziarah Makam secara luring terbatas di tiga lokasi, yaitu Taman Makam Pahlawan (TMP) Wijayabrata, TMP 45, dan TMP Girigondo.

 

Agenda selanjutnya adalah Webinar Nasional 60 Tahun Gerakan Pramuka yang diselenggarakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 mulai pukul 13.00 WIB dengan salah satu narasumbernya adalah saksi sejarah penyerahan Panji Gerakan Pramuka dari Ir. Soekarno kepada Kak Sri Sultan Hamengku Buwono IX

.

"Pada Jumat, 13 Agustus 2021 (nanti malam), Kwarda DIY menyelenggarakan Malam Renungan dan Ulang Janji yang dilaksanakan secara luring terbatas dan daring, juga dibuka live streaming melalui Youtube," bebernya.

 

Dilanjutkan dengan Upacara Peringatan Hari Pramuka yang diselenggarakan secara luring terbatas dan daring pada Sabtu, 14 Agustus 2021 terjadwal mulai pukul 10.00 WIB.

 

"Puncak peringatan Hari Pramuka ke-60 Kwarda DIY adalah pada 21 Agustus 2021 mendatang, yaitu Nitik Siti Museum Pramuka dan Malam Apresiasi 60 Tahun Gerakan Pramuka yang diikuti secara nasional," pungkasnya.

 

Selain itu, beberapa kegiatan lainnya yang mengiringi di Bulan Bakti Pramuka ini antara lain, aksi sosial dan bakti masyarakat oleh seluruh anggota pramuka di DIY dari wilayah masing-masing, vaksinasi massal, serta peran serta pramuka peduli dalam penanggulangan COVID-19 di wilayah DIY.  (Tuti)

BACA JUGA: Dilema Pelajar : Fasilitas Pendidikan Tidak Digunakan, Bayaran Tetep Lanjut.



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong