Logo Saibumi

Sekolah Online Dinilai Merugikan Pelajar

Sekolah Online Dinilai Merugikan Pelajar

photo : ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Jakarta – Sekolah online atau pembelajaran online dinilai lebih banyak merugikan para pelajar.

 

BACA JUGA: Dipandemi Covid-19, Pelajar dan Mahasiswa Jadi Korban

Guna mendapatkan dan mengakses pendidikan di masa pandemi Covid-19, ada ongkos lebih yang harus dikeluarkan Pelajar dan mahasiswa.

 

Misalnya, kini diharuskan mempunyai barang wajib yaitu  ponsel genggam dan laptop atau komputer. Tidak sampai situ, ongkos lainnya adalah kuota internet sebagai bensin untuk menuju ruang kelas virtual. Hal ini diungkapkan Symphati Dimas Rafi'i ,Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) FMN, Rabu (4/7/2021).

 

FMN mencatat, mayoritas pelajar kesulitan untuk menjalani rutinitas tersebut. Jika dirata-rata, pelajar dan mahasiswa setidaknya harus mengocek saku sebesar Rp82 ribu untuk paket data dalam sebulan. 

 

Tak hanya itu, masalah gangguan sinyal hingga kapasitas gawai rendah yang terkadang menghambat pelajar dan mahasiswa untuk menggunakan berbagai macam aplikasi.

 

Beberapa waktu lalu, sempat muncul harapan bagi pelajar dan mahasiswa untuk bisa kembali mengeyam pendidikan secara tatap muka.

 

Namun, hal itu urung terjadi seiring penanganan Covid-19 yang carut marut.

 

Bahkan, sejumlah kebijakan turut melegitimasi agar pelajar dan mahasiswa untuk belajar secara online, yakni PPKM -yang bernama Darurat dan berubah menjadi Level 4.

 

"Seluruh sekolah dan universitas dipaksa untuk menerapkan pembelajaran online secara penuh," beber Dimas.

 

Di sisi lain, pemerintah justru melonggarkan sejumlah aktivitas seperti ekonomi dan bisnis. FMN pun menilai jika pemerintah menempatkan dunia pendidikan kita pada urusan yang paling belakang.

 

"Tidak ada satupun rencana untuk memfasilitasi universitas agar kembali dapat berkuliah secara langsung. Jika kaum buruh tetap dapat bekerja, maka mahasiswa seharusnya dapat tetap kuliah secara langsung," papar Dimas. (*)

BACA JUGA: Kapolri Luncurkan Bantuan 1.000 Oksigen Konsentrator Bantu Warga yang Terpapar Covid-19



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong