Logo Saibumi

Ragam Buah dan Makanan Meengandung Vitamin D, Kuatkan Tubuh Melawan Covid-19

Ragam Buah dan Makanan Meengandung Vitamin D, Kuatkan Tubuh Melawan Covid-19

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Beragam vitamin diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetep sehat, salah satunya dengan vitamin D. 

 

BACA JUGA: Tanaman Putri Malu Selalu Dianggap Gulma, Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

DIkutip dari laman Healthline, penelitian dari University of Chicago Medicine menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dengan risiko COVID-19.

 

Diketahui bahwa kebutuhan vitamin D yang tercukupi dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan orang yang terpapar Covid-19.

 

Berikut makan dan buah yang mengandung vitamin D.

 

Tahu dan tempe

 

Selain murah dan mudah ditemukan, tahu dan tempe diketahui sebagai makanan yang mengandung vitamin D. Dalam 100 gramnya, tahu dan tempe mengandung 26 persen vitamin untuk kebutuhan tubuh

 

Susu kedelai

 

Vitamin D lebih banyak ditemukan di dalam produk makanan hewani, vegetarian dan vegan berisiko mengalami kekurangan asupan vitamin D.

 

Satu cangkir susu kedelai 237 ml yang telah diolah bisa mengandung 107 sampai 117 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 13 hingga 15 persen.

 

Ikan Salmon

 

Salmon adalah ikan berlemak yang mengandung sumber vitamin D. Satu potong ikan salmon 100 gram bisa mengandung 526 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 200 persen.

 

Pisang

 

Pisang sebenarnya bukanlah buah yang mengandung vitamin D. Namun, pisang kaya akan magnesium yang bisa membantu mengaktifkan vitamin D dalam tubuh.

 

Brokoli

 

Sayuran yang mengandung vitamin D adalah brokoli. Selain baik untuk tulang, brokoli juga mengandung magnesium dan juga vitamin K yang baik bagi darah.

 

Keju

 

Keju menjadi sumber alami vitamin D, meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Sebagian besar dari jenis keju mengandung 8 hingga 24 IU vitamin D per porsi 2 ons (50 gram). Kandungan vitamin D dalam keju ini sangat bervariasi, bergantung pada bagaimana cara keju diproduksi.

 

Jamur

 

Jamur menjadi sayuran yang mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi demi menjaga daya tahan tubuh. Namun, jamur menghasilkan vitamin D2.

 

Oatmeal dan sereal

 

Sereal dan oatmeal juga diperkaya dengan vitamin D. Setengah cangkir makanan ini atau setara dengan 78 gram dapat memberikan 54 hingga 136 IU vitamin D atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin D harian hingga 17 persen.

 

Kiwi

 

Buah yang mengandung vitamin D yang lain adalah kiwi. Selain mengandung vitamin C yang cukup tinggi, kiwi juga menjadi buah yang mengandung vitamin D. Jika berniat menambah vitamin D untuk tubuh lewat buah-buahan, kiwi bisa jadi pilihan kamu. (*)

BACA JUGA: Tips Latihan Atasi Anosmia Akibat Covid-19



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong