Logo Saibumi

Sampah Mengalir Sampai Jauh, Akhirnya ke Laut Jua

Sampah Mengalir Sampai Jauh, Akhirnya ke Laut Jua

Foto: Sampah tersangkut di kapal nelayan | Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Permasalahan sampah seolah tak ada abisnya, setiap harinya sampah tercecer ke sungai dan akhirnya melarung ke laut. 

 

BACA JUGA: 3 Tahun Melanglang Buana Jadi DPO, DSS Akhirnya Diringkus Polisi

Seperti yang terlihat, di kali Gudang Agen, Pesawahan, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, sampah-sampah yang mengalir di kali bukan semuanya merupakan sampah yang mudah terurai. 

Menurut salah satu warga sekitar bernama Asep Muslihin, terkait sampah ini sangat sulit dibendung, terlebih masih banyaknya warga yang sering membuang sampah ke sungai.

 

"Kalau sampah, itu biasanya bukan kiriman, masih banyak sih yang buang sampah ke sungai. Cuma memang ada juga kiriman, namanya air kan ngalir," ungakapnya saat diwawancarai, Kamis (26/5/2022). 

 

Lebih lanjut ia menuturkan, sampah-sampah ini didominasi oleh sampah plastik, tempat makanan berbahan styrofoam, hingga plastik bungkus makanan dan minuman.

 

"Macem-macem itu kebanyakan sampah rumah tangga," jelasnya. 

 

Senada dengan Asep, Nismayati warga sekitar jalan menuju Pulau Pasaran menuturkan, bahwa sampah kiriman dari sungai yang menuju laut bisa dikatakan selalu ada setiap harinya. 

 

"Kalau kiriman mah, setiap hari pasti genang ada aja sampah-sampah itu. Cuma, kalau kita ini bisa apa. Kadang ya kesangkut di kapal nelayan yang lagi parkir kaya gitu lah," bebernya. 

 

Ia pun menyampaikan, apabila permasalahan sampah ini memang sulit butuh kesadaran masyarakat untuk bisa merubahnya. 

 

"Mungkin cuma kesadaran dari masyarakat itu sendiri yang bisa merubah semuanya. Mau, bagaimana pun pemerintah ngasih imbauan kalau masyarakatnya masih buang sampah sembarangan ya sama aja percuma, semua kembali lagi kepada kita sendiri sebetulnya," pungkas Nismayati. (R)

BACA JUGA: Datangi Kejati Lampung, Para Massa Minta Usut Dugaan Korupsi Dana DAK Dinas PUPR Lamtim

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong