Logo Saibumi

Penerimaan Sektor Pajak di Pringsewu Tahun 2021 Tidak Sesuai Target, Ini Penyebabnya

Penerimaan Sektor Pajak di Pringsewu Tahun 2021 Tidak Sesuai Target, Ini Penyebabnya

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Pringsewu - Kepala Bidang Pendapatan Bapenda Pringsewu Ali Alhamidi memaparkan alasan tidak tercapainya target penerimaan sektor pajak.

 

BACA JUGA: Pelaku Pencurian Sepeda Motor Berhasil Diringkus Unitreskrim Polsek Pardasuka, Begini Kronologinya!

Penerimaan pajak di Kabupaten Pringsewu pada tahun 2021 mencapai Rp34 miliar. Jumlah ini masih kurang dari target yang ditetapkan yaitu Rp35 miliar.

 

Menurut dia, kendala utama yang dihadapi ada pada Bidang Pajak Bumi Bangunan (PBB). Dari catatan Bapenda Pringsewu, banyak masyarakat wajib pajak yang belum melunasi tagihan PBB di tahun 2021.

 

"Target PBB di Pringsewu kurang disebabkan penyesuaian nilai jual objek pajak (NJOP). Sejak Pringsewu masih menjadi bagian dari Lampung Selatan, Tanggamus, hingga menjadi kabupaten sendiri, belum pernah ada penyesuaian NJOP," kata Ali Alhaimidi kepada Suara.com, Sabtu (8/1/2022)

 

Penyebab lainnya penerimaan sektor pajak kurang dari target, karena pada tahun 2021, pihaknya memunculkan piutang lima tahun ke belakang dengan tujuan transparansi pajak. Hal ini tentunya berdampak ke masyarakat, dimana mereka merasa sudah membayar pajak, tapi dalam tagihan belum lunas. Dari data tersebutjuga akan membuat trobosan baru yakni aplikasi untuk memudahkan dalam membayar pajak.

 

"Ke depan kami akan berupaya memperbaiki tata kelola pajak, diantaranya dengan menggunakan aplikasi. Karena hingga kini, PBB masih menjadi penyumbang terbesar dari sektor pajak," ujar Ali Alhaimidi.

 

 

BACA JUGA: 1 Wanita Positif Methapenthamine dan 6 Pasang Muda-Mudi Belum Sah Diamankan

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong