Logo Saibumi

Liburan, Protokol Kesehatan Jangan Lemah Dong!

Liburan, Protokol Kesehatan Jangan Lemah Dong!

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Suasana akhir pekan di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Wayhalim, Kota Bandarlampung, pada akhir pekan tampak dipadati pengunjung yang datang untuk menikmati liburan bersama keluarga.

 

BACA JUGA: Klinik Pratama Saibumi Lakukan Pemusnahan Obat-Obatan Kadaluarsa

Hal tersebut terlihat kala saibumi.com datang ke lokasi, para masyarakat begitu berbaur dengan hikmatnya bermain. Ada yang bermain komedi putar mini, dan masih banyak yang lainnya.

 

Namun, dibalik hingar-bingar keseruan bersama keluarga, tak sedikit dari mereka yang abai protokol kesehatan. Seperti tidak memakai masker, bahkan berkerumun.

 

Menurut Sarni salah satu pengunjung mengungkapkan bahwa ia terlupa membawa masker yang berada di kendaraannya.

 

"Oiya saya lupa, tapi ada kok di mobil saya," ungkapnya kepada saibumi.com, Minggu (5/12/2021).

 

Disinggung apakah tidak takut kepada penularan covid-19, ibu dua anak itu mengatakan "Takut sih, cuma lupa aja gak pake masker ini," jelasnya.

 

Pantauan saibumi.com, tak sedikit warga yang mulai abai terhadap protokol kesehatan.

 

Sementara itu, Epidemiolog Lampung Ismen Mukhtar mengingatkan masyarakat jangan mengabaikan penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah adanya perluasan penularan COVID-19.

 

"Saat ini tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan menurun, karena euforia level PPKM yang menurun dan seharusnya ini tidak terjadi," ujar Ismen Mukhtar dikutip saibumi.com melalui Antara.

 

Ismen Mukhtar menuturkan, penerapan protokol kesehatan secara konsisten dan ketat oleh masyarakat merupakan langkah pertama untuk mencegah adanya perluasan penyebaran COVID-19, serta menjaga tingkat keterjangkitan yang telah mulai menurun.

 

"Ketika adanya pelonggaran karena level PPKM yang turun penerapan prokes harus lebih ketat. Sebab potensi kenaikan kasus akan ada dan risiko penularan tinggi akibat mulai pulihnya aktivitas masyarakat secara tatap muka," tukasnya.

 

Dia menjelaskan, selain penerapan protokol kesehatan di ruang publik, masyarakat juga perlu mewaspadai penularan di tempat kerja juga di tengah keluarga.

 

"Terkadang bila bertemu keluarga atau teman ada anggapan aman bebas dari penularan, karena setiap hari bertemu. Ini yang seharusnya diwaspadai sebab tidak dapat dipungkiri risiko penularan masih ada jadi protokol kesehatan jangan lemah," pungkas Ismen Mukhtar. (Riduan)

BACA JUGA: Pengawasan Surat bebas Covid di Pelabuhan Merak dan Bakauheni lemah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong