Logo Saibumi

Fakta Menarik! Antara Jepang dengan Belanda Setelah Menjajah Indonesia, Siapa yang mau ganti rugi?

Fakta Menarik! Antara Jepang dengan Belanda Setelah Menjajah Indonesia, Siapa yang mau ganti rugi?

Ilustrasi Gambar Penjajahan Indonesia

Saibumi.com (SMSI), Jika Jepang mau membayar ganti rugi atas penjajahan selama 3,5 tahun, bagaimana dengan Belanda yang menjajah jauh lebih lama? Ironis, justru Indonesia yang harus membayar ganti rugi, dan dananya untuk membantu pembangunan Negeri Belanda.

1. Jepang
Setelah Jepang Menjajah Tanah Air yang kita cintai ini selama 3,5 tahun, mereka mau membayar ganti rugi atas perbuatannya kepada Negara dan Bangsa Indonesia sebesar 223 juta Dolar atau setara dengan Rp. 3,1 Triliun, plus investasi dan pinjaman jangka panjang.

BACA JUGA: Pakai Dana Desa untuk Bayar Hutang, Rocki Chandra Divonis 4 Tahun

2. Belanda
Berbeda dengan Jepang, Belanda yang lebih lama menjajah Indonesia yaitu 346 tahun justru Indonesia yang harus membayar hutang Hindia-Belanda sebesar 1,3 miliar Dolar.

Hal ini terkait dengan persetujuan Konferensi Meja Bunda (KMB) di Den Haag. Sebagai imbalan untuk Belanda ataspenyerahan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada 27 Desember 1949.

Ironisnya lagi belanda hanya mengakui 27 Desember 1949 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Baru 60 tahun kemudian pada 2005 mereka mengakui 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA: Kuasa Hukum PT HIM di Usir Hakim PTUN Bandarlampung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong