Logo Saibumi

Penyeludupan Ribuan Burung Berhasil Diamankan BKSDA

Penyeludupan Ribuan Burung Berhasil Diamankan BKSDA

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - BKSDA wilayah III Bengkulu - Lampung kembali berhasil menggagalkan penyelundupan ribuan ekor burung tanpa dokumen resmi.

 

BACA JUGA: Walikota Minta Satgas Covid-19 Bandarlampung Komunikasi Secara Humanis

Jenis burung tersebut yakni, Poksai Mandarin 20 ekor, Jalak kerbau 520 ekor, Kolibri Ninja 315 ekor, Murai air 20 ekor, Pelatuk bawang 20 ekor, Ciblek 1350 ekor, Kepodang 45 ekor, gelatik batu 30 ekor, Siri siri 10 ekor.

 

Sejumlah burung tersebut di kemas dalam keranjang buah dan kotak kardus. Burung tersebut berasal dari Pekanbaru-Riau yang akan diselundupkan ke Tangerang melalui kendaraan minibus rental jenia Kilang Innova dengan NoPol B 1294 ADM.

 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah Ill Lampung, BKSDA Bengkulu, Hifzon Zawahiri menjelaskan sebelum diamankan, Pos KSDA bersama dengan Polda Lampung di bantu dengan Tim Flight Protecting Indonesia's bird mendapat informasi dari masyarakat.

 

"Dari informasi ini, sekitar pukul 02.00 WIB tadi malam (Sabtu dinihari) kami mencegah mobil tersebut," ujar Hifzon Zawahiri, Senin (6/9/2021).

 

Hifzon membeberkan, mobil yang dikendarai dua orang kurir dicegah saat melintas di Pintu Keluar Tol Bakauheni Utara.

 

Saat dilakukan penggeledahan, pihaknya menemukan burung yang berada di dalam kabin bagian belakang mobil.

 

Hifzon menjelaskan, pihaknya langsung melakukan penahanan di Pintu Keluar Tol Bakauheni Utara karena tidak diliputi dokumen Surat Angkut (SATS-DN) dari BKSDA dan Surat Kesehatan Bahan Asal dari Karantina.

 

"Dua orang pengemudi mobil sudah kami serahkan ke Polda Lampung, untuk proses selanjutnya," kata Hifzon. (Sinta)

BACA JUGA: Astra Motor Natar Berikan Promo September Fight bersama FIF



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong