Logo Saibumi

Beroperasinya Bendungan Way Sekampung Tingkatkan Produktifitas Petani di Lampung

Beroperasinya Bendungan Way Sekampung Tingkatkan Produktifitas Petani di Lampung

Saibumi.com (SMSI), Pingsewu – Beroperasinya Bendungan Way Sekampung di Pringsewu memiliki manfaat dan dianggap dapat mendukung produktivitas pertanian di Lampung.

 

BACA JUGA: Sepasang Kekasih Kembali Mendekam di Penjara Karena Narkoba

Plt Asisten Perekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan, adanya Bendungan Way Sekampung menjadi jaminan sumber daya air tambahan bagi lahan pertanian dan dapat meningkatkan  produktivitas pertanian di Lampung. Ini terjadi akibat adanya perluasan penyediaan air bagi petani.

 

"Sebelumnya hanya dari Bendungan Batutegi, dan petani untuk mengairi lahan harus bergantian, dengan adanya tambahan air dari Bendungan Way Sekampung ini harapannya tidak bergiliran lagi petani ketika mau mengairi lahan," ucapnya, Kamis (2/9/2021) dikutip dari suara.com media patner saibumi.com.

 

Ia mengatakan selain memberi jaminan tambahan air bagi lahan pertanian, Bendungan Way Sekampung pun berpotensi menambah areal tanam akibat adanya perluasan irigasi.

 

Sedangkan, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, Alexander Leda mengatakan dengan adanya Bendungan Way Sekampung mengkatkan potensi peningkatan produksi pertanian di Lampung.

 

"Bendungan Way Sekampung ini memiliki manfaat juga bagi bidang pertanian karena mampu mengalirkan air melalui aliran irigasi dengan luas 55.373 hektare," ujar Alexander Leda.

 

"Ada pula tambahan rencana pengembangan 17.334 hektare luas area baru termasuk Bendung Jabung. Jadi bila dahulu hanya ada 2 kali musim tanam sekarang bisa 3 kali tanam dengan indeks pertanaman naik dari 275 hingga 300," katanya.

 

Menurutnya, dukungan pemenuhan kebutuhan air melalui Sekampung sistem sejumlah daerah mendapatkan manfaat pertanian melalui irigasi yang ada.

 

"Yang mendapatkan manfaat atas adanya irigasi sawah ini Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, dan Kota Metro," ujarnya pula.

 

Diketahui Bendungan Way Sekampung yang dibangun dengan tipe urugan batu dan inti tegak memiliki spesifikasi yakni memiliki tinggi 47 meter, panjang 365 meter, lebar puncak bendungan 12 meter, daya tampung total mencapai 68,06 juta meter kubik dan luas genangan hingga 800 hektare. (*)

BACA JUGA: Rutan Kota Agung Terima Pelimpahan 44 Tahanan Dari 2 Kejaksaan Negeri



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong