Logo Saibumi

DPUPR Pastikan Ruas Jalan Nasional Yang Selalu Tergenang Air Saat Hujan Bakal Segera Ditangani

DPUPR Pastikan Ruas Jalan Nasional Yang Selalu Tergenang Air Saat Hujan Bakal Segera Ditangani

Saibumi.com (SMSI), Lampung Barat - Penangan ruas jalan nasional yang ada di Lambar khususnya yang kerap tergenang dan cukup meanggu arus lalulintas, akan segera dilakukan penangan dengan cara pembuatan sumur resapan.



”Ada empat titik yang akan ditangani, yakni di Pekon Kegeringan penanganan akan dilakukan dengan membenahi drainase dan membuat sumur-sumur resapan, kemudian di Pekon Canggu penanganan berupa pembenahan drainase dan mengalirkan air kearah bekas longsor yang telah ditangani namun dialirkan hingga ke bawah," Kata Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Lambar Robert Putra.

BACA JUGA: Hendak Mengurus KK, Warga Lampung Barat Malah Jadi Korban Penganiayaan

 

Lanjut Dia, penanganan juga akan dilakukan didekat mini market Simpang Luas, penaganan berupa membangun aliran drainase mengganti pipa yang dipasang oleh masyarakat saat ini, sehingga bisa mengatasi genangan air yang ada.

 

"Dengan pembuatan sumur resapan serta memperbaiki siring yang ada, mudah-mudahan jalan lintas nasional ini tidak lagi kerap menjadi banjir saat hujan turun," ungkapnya.

 

Hal ini pemerintah daerah sudah mengusulkan ke pemerintah daerah untuk peningkatan status jalan yang menghubungkan antara Provinsi Lampung dengan Sumsel, dan saat ini masih digodok oleh pemerintah pusat. Demikian terungkap saat pertemuan antara pemerintah daerah dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) beberapa waktu lalu.

 

"Peningkatan status ruas jalan Liwa - Batas Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menjadi jalan nasional yang sebelumnya merupakan ruas jalan kewenangan pemerintah Provinsi Lampung masih terkendala. Kriteria untuk peningkatan status belum memenuhi, khususnya terkait dengan lebar badan jalan yang notabennya minimal enam meter untuk sebagaimana jalan nasional," kata dia.

 

Diketahui, Total panjang ruas jalan tersebut yakni sekitar 23 kilometer, dan tentunya dengan menjadi kewenangan pemerintah pusat nantinya kondisi ruas jalan tersebut akan lebih baik lagi, termasuk peningkatan diharapkan bisa lebih cepat dilakukan. (Edi)

BACA JUGA: Meluaskan Pers dan Pemberitaan Ini Harapan PWI Lambar Gelar Konferkab Ke-VI



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong