Logo Saibumi

Awas HOAX! Jangan Mudah Percaya, Berita Donor Darah

Awas HOAX! Jangan Mudah Percaya, Berita Donor Darah

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Beredar sebuah pesan berantai di Whatsapp yang memberikan informasi terkait data pendonor plasma darah. Data yang diberikan mencakup golongan darah, nama, dan nomor ponsel.

 

BACA JUGA: Berita Duka, Pesepak Bola Berdarah Indonesia-Belanda Tewas Alami Kecelakaan Tragis

Melansir laman covid19.go.id Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia) Klaim tersebut salah.

 

Faktanya, informasi yang beredar tidak valid dan bukan berasal dari sumber resmi. Jika dilihat di laman profilnya, pemilik akun merupakan warga asli Yogyakarta. Hal itu ditunjukkan dengan penyematan alamat di bio Twitter pemilik akun.

 

Selain itu, informasi serupa pernah beredar pada bulan Juni 2021 dan dibantah oleh ketua PMI DKI Jakarta dan mengimbau masyarakat agar mencari informasi dari situs layanan resmi.

 

Dengan demikian, pesan berantai Whatsapp yang memberikan informasi terkait data pendonor plasma darah konvalesen adalah hoaks dengan kategori konten palsu.(*)

BACA JUGA: Kapolda Lampung Beri Perhatian Ibu Lumpuh di Kursi Roda yang tak Dapat Bansos



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong