Logo Saibumi

Ini Alasannya, Kenapa Penyintas Covid-19 Baru Boleh Vaksin Setelah 3 Bulan

Ini Alasannya, Kenapa Penyintas Covid-19 Baru Boleh Vaksin Setelah 3 Bulan

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Penyintas Covid-19 diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi, namun sebelum melakukan vaksinasi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.


Menurut Jubir Vaksinasi Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi, penyintas Covid-19 boleh menerima vaksin setelah 3 bulan dinyatakan sembuh dan mendapatkan hasil negatif saat melakukan tes swab.

BACA JUGA: PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang, Ini Tanggapan Walikota Bandar Lampung


Berdasarkan keterangan dari Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Zullies Ikawati, Ph. D dalam website Halodoc, hal ini dikarenakan, sebelum 3 bulan usai dinyatakan sembuh, penyintas Covid-19 masih memiliki kekebalan tubuh.


Tubuh penyintas akan membangun kekebalan alami sehingga tidak diprioritaskan untuk vaksin saat masih terkena Covid.


Tetapi, setelah 3 bulan berlalu, kekebalan tersebut akan mengalami penurunan sehingga disarankan untuk melakukan vaksinasi.


Tak hanya itu, pasien Covid-19 yang telah sembuh ini juga harus berada dalam kondisi sehat sebelum melakukan vaksinasi. Penyintaspun harus berusia 18 tahun ke atas sebagai persyaratan penerima vaksin Covid-19. (SB.06)

BACA JUGA: Sejumlah Kamar IGD Khusus Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Bandarlampung Penuh

#
>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.