Logo Saibumi

Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal 1442 Hijriyah Jatuh Pada Hari Kamis, 13 Mei 2021

Hasil Sidang Isbat: 1 Syawal 1442 Hijriyah Jatuh Pada Hari Kamis, 13 Mei 2021

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag), Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021.

Sidang isbat kali ini dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri oleh pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, serta ahli astronomi yang disiarkan secara langsung melalui media sosial Kemenag.

BACA JUGA: Terobos Pos Penyekatan Dan Tabrak Petugas, Arkhan Akhirnya Tertangkap

"Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021," kata Yaqut.

Hasil ini didapat berdasarkan penjelasan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag yang menyatakan tinggi hilal di seluruh Indonesia antara minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Rukyat atau melihat secara langsung dilaksanakan Kemenag di 88 titik di seluruh Indonesia, dengan hasilnya hilal belum terlihat.

Selain itu penghitungan dengan metode hisab juga menunjukkan bahwa 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada tanggal 13 Mei.

Dengan berbagai alasan tersebut, sidang isbat sepakat untuk menyempurnakan bulan Ramadan menjadi 30 hari dan Idul Fitri jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021. (SB.06)

BACA JUGA: Syarat-Syarat Data Dan Dokumen Layanan Impor dan Ekspor Obat, Makanan Serta Kosmetik BBPOM Lampung



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong