Logo Saibumi

Syarat-Syarat Data Dan Dokumen Layanan Impor dan Ekspor Obat, Makanan Serta Kosmetik BBPOM Lampung

Syarat-Syarat Data Dan Dokumen Layanan Impor dan Ekspor Obat, Makanan Serta Kosmetik BBPOM Lampung

Saibumi.com (SMSI), Bandarlampung - Untuk mengajukan layanan kepada BBPOM berupa impor dan ekspor obat, makanan, kosmetik, obat tradisional, maupun suplemen kesehatan terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

Persyaratan data dan dokumen SKI:
- Input data: nama dan alamat importir, nama jenis dan nama barang, jenis kemasan berat/volume, jumlah yang diimpor, negara asal pangan, nama dan alamat perusahaan.
- Persyaratan sertifikat: Sertifikat Kesehatan, Surat Keterangan/Penunjukan dari produsen kepada eksportir apabila produsen berbeda dengan eksportir, Surat Kerjasama yang disahkan Notaris, Sertifikat Bebas Radiasi, Sertifikat Asal (Certificate of origin), sertifikat GMO untuk produk dan hasil olah kedelai, jagung, tomat dan kacang, hasil analisa formalin untuk produk yang diduga mengandung formalin dan melamin,sertifikat 3MCPD (unuk produk hydrolized vegetable protein, isolated soy protein, soy protein, hasil analisa sudan red dan pewarna lainnya yang dilarang untuk produk yang diduga menggunakan, sertifikat analisa kloramfenikol (untuk produk madu), hasil analisa aflatoksin (untuk produk kacang-kacangan), fotokopi surat persetujuan pendaftaran dengan nomor registrasi yang masih berlaku, label dan kemasan yang disetujui pada waktu pendaftaran, dokumen yang memuat tanggal produksi/tanggal kadaluarsa dan nomor lot/bets/kode produksi, surat rekomendasi pemasukan untuk produk asal hewan, dokumen pendukung berupa invoice dan packing list, dan bukti pembayaran PNBP (dibayarkan sebelum diproses).
- Surat pernyataan tujuan penggunaan produk (bahan baku pangan, BTP) (materai 10000), yang menyatakan bahwa bahan tersebut tidak akan diperjualbelikan secara eceran, tujuan penggunaan dan tujuan distribusi.
- Persyaratan spesifikasi produk (bahan baku pangan, BTP) yang meliputi: deskripsi/komposisi/ingerdient, karakteristik fisik, karakteristik kimia, karakteristik mikrobiologi, kemasan, penggunaan/aplikasi, penyimpanan, masa kedaluarsa.

BACA JUGA: Telkomsel Tambah Investasi USD300 Juta di Gojek, Perkuat Sinergi Mengakselerasikan Pertumbuhan Ekonomi Digital di Indonesia

Persyaratan data dan dokumen SKE:
- Surat permohonan yang berisi: nama pedagang, nama jenis, kemasan, jumlah yang diekspor, negara tujuan, nama dan alamat eksportir, nomor pendaftaran (MD/SPPIRT), nomor batch/kode produksi.
- Surat pernyataan (di atas meterai 10000): jika produk pangan khusus ekspor mengalami perubahan desain kemasan/label dari yang telah disetujui pada waktu pendaftaran, namun mutu dan kualitas produk yang akan diekspor sama dengan kualitas produk yang beredar di Indonesia serta pernyataan bahwa produk khusus untuk ekspor.
- Surat perjanjian kerjasama, antara produsen dan eksportir jika produk diekspor bukan oleh produsen yang bersangkutan.
- Fotokopi nomor pendaftaran dan label yang disetujui pada waktu pendaftaran atau fotokopi sertifikat pendaftaran produk industri rumah tangga (SPP-IRT): sertifikat analisa produk dari laboratorium terakreditasi setiap kali ekspor dengan masa berlaku maksimal 12 bulan (menunjukkan asli), sertifikat GMO untuk hasil olahan kedelai, jagung, tomat, dan kentang), setifikat analisa residu 3 monochloro propandiol (3-MCPD) untuk Hydrolized Vegetable protein, isolated soy protein, soy sauce), izin pencantuman logo halal atau sertifikasi halal (untuk produk yang tidak terdaftar), apabila mencantumkan logo halal pada label/kemasan produk, sertifikat analisis dan hasil perhitungan jika pada label ekspor mencantumkan informasi nilai gizi sedangkan pada label lokal tidak tercantum.
- Spesifikasi produk: deskripsi/komposisi/ingredient, karakteristik fisika/kimia/mikrobiologi, kemasan, penggunaan/aplikasi, penyimpanan, masa kedaluarsa dan cara penyimpanan.
- Hasil pemeriksaan sarana produksi oleh Balai Besar POM.
- Contoh produk (lokal dan ekspor): pada kemasan/label produk yang akan diekspor harus mencantumkan nama/alamat produsen atau negara asal produk (Indonesia).

"Biaya untuk layanan impor dan ekspor obat dan makanan berdasarkan Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 tahun 2017 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Pengawas Obat dan Makanan, jangka waktu penyelesaian mengacu Peraturan Kepala Badan POM RI No.27 Tahun 2018 tentang Standart Pelayanan Publik di Lingkungan Badan POM dengan waktu layanan setiap hari kerja," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BBPOM Lampung Zamroni.

Selanjutnya jika terjadi permasalahan dalam layanan pengujian sampel dapat melakukan pengaduan baik secara langsung atau melalui media elektronik. (SB.06)

BACA JUGA: Inilah Jenis-Jenis Layanan Publik BBPOM di Bandarlampung



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong