Logo Saibumi

Usaha Sepi Kala Pandemi, Yu Im Ajak Semua Bangkit dan Jangan Berputus Asa

Usaha Sepi Kala Pandemi, Yu Im Ajak Semua Bangkit dan Jangan Berputus Asa

Foto: Dokumentasi Saibumi.com

Saibumi.com (SMSI), Kota Jogja - Siti Imaroh (70th), salah satu pedagang rumahan yang berjualan aneka baceman seperti Tahu Bacem, Tempe Bacem, Tempe Koro Bacem dan Gembus Bacem mengaku saat ini bersyukur dagangannya makin laris tidak seperti dulu waktu masih pandemi Covid-19.

 

BACA JUGA: Pernyataan Sikap Koalisi Satu Suara untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Yu Im (panggilan-red) menceritakan kepada awak Saibumi.com menjelaskan memang bukan hal mudah untuk menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19. Tapi setidaknya, masih disyukuri ada terselip semangat untuk bisa bangkit.

 

Nenek 5 cucu yang masih terlihat muda dibandingkan usia ini masih semangat untuk menekuni usaha Aneka Baceman yang dijalaninya. 

 

Beralamat di Kauman GM I/30 Yogyakarta, Yu Im menceritakan bagaimana sepi orderan waktu masa pandemi.

 

“Masih bersyukur ada yang beli, walaupun sepi sekali waktu pandemi. Alhamdulillah sekarang setelah keadaan mulai pulih, pesanan mulai banyak,” ucap Yu Im saat diwawancarai, Senin (27/6/2022). 

 

Yu Im bercerita kalau dulu sebelum pandemi, banyak orang pesan tahu bacem, tempe bacem, Tempe koro bacem dan gembus bacem untuk acara keluarga maupun untuk hajatan. 

 

"Tiap hari bisa didatangi orang silih berganti untuk pesan aneka baceman maupun melalui WA," jelasnya.

 

Tetapi Yu Im tetap semangat untuk menjalani usahanya, tidak ada rasa mengeluh di dirinya. Bagi Yu Im, mengeluh tidak akan mengubah keadaannya, malah semakin membuat ekonomi keluarganya terpuruk.Untuk itu, Yu Im memilih bangkit dari keterpurukan pandemi. 

 

"Selama pandemi, karena pesanan sepi, saya aktif di kegiatan kemanusiaan dan keagamaan. saya ikut sebagai relawan Covid-19," ungkapnya.

 

Namun kini, setelah semua semakin berangsur membaik. Dirinya sudah mulai aktif berjualan dan pesanannya makin banyak, walau belum bisa dikatakan normal seperti dulu. 

 

"Alhamdulillah waktu Idul Fitri kemarin, banyak tamu dari Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Semarang bahkan Sumatera pesan baceman untuk dibawa balik ke kampung mereka," ujarnya.

 

Oleh karena itu Yu Ima memberikan semangat kepada pedagang lain untuk bangkit dari masa-masa sulit ini (pandemi-red). 

 

"Janganlah mudah berputus asa. Allah SWT tidak suka pada orang yang mudah berputus asa. Selama kita masih diberi kesempatan, kesehatan dan kekuatan, pergunakanlah dengan semaksimal mungkin. Hidup/mati, jodoh dan rejeki semua sudah diatur Allah. oleh karena itu, janganlah kita patah semangat. Mari kita bangkit bersama," tegasnya.

 

Selain itu, Yu Im juga berpesan kepada semua agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku agar keadaan benar-benar pulih normal seperti dulu lagi. (ONE)

BACA JUGA: Kodim 0813 Bojonegoro Siap Amankan Kegiatan "Bojonegoro Bersholawat"

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA