Logo Saibumi

Sidang Praperadilan Ali Kusno, Majelis Hakim Periksa Bukti Surat

Sidang Praperadilan Ali Kusno, Majelis Hakim Periksa Bukti Surat

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Sidang terdakwa Ali Kusno Fusin, yang mempraperadilankan Kapolda Lampung terkait penetapan tersangka yang dilakukan oleh Polda Lampung kepada dirinya, kembali digelar di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Kamis 23 Juni 2022. 

 

BACA JUGA: PN Tanjungkarang Jelaskan Dasar Pertimbangan Vonis Bebas Perkara M. Sulton

Dalam sidang yang beragendakan pemeriksaan barang bukti surat dari kedua belah pihak, yang dilakukan Majelis Hakim yang dalam hal ini ialah Hakim Hendri Irawan. 

 

Kirmansyah kuasa hukum Ali Kusno Fusin saat diwawancarai mengungkapkan, bahwa benar pihaknya mengajukan bukti surat. 

 

"Agenda sidang tadi pemeriksaan bukti surat, yang kami ajukan selaku pihak pemohon," ungkapnya. 

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun agenda sidang selanjutnya yang pada Jumat, 23 Juni 2022 ialah agenda bukti tambahan dan keterangan ahli pidana. 

 

Kemudian saat, ditanya terkait isi bukti surat yang diajukan pihaknya. Menurutnya, bahwa isi surat itu ialah seluruh bukti penguat kebenaran dalam kasus Ali Kusno Fusin. 

 

“Ini tentunya merupakan upaya pencarian kebenaran terkait sah tidaknya penahanan dan penetapan Tersangka, jadi intinya kami membuktikan hal ini sesungguhnya urusannya di ranah keperdataan bukanlah ranah tindak pidana tipu gelap seperti yang disangkakan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Katim Bidkum Polda Lampung AKBP Made Kartika pihak Termohon pada perkara ini menuturkan, dalam hal penetapan Tersangka dan tindakan penahanan yang menjadi materi praperadilan, pihaknya telah menjalankan sesuai prosedur Undang-undang yang berlaku.

 

“Terkait Praperadilan telah diatur dalam pasal 77 KUHAP, jadi kami berkewajiban menanggapi permohonan praperadilan tersebut dan kami menghargai itu, namun kami tegaskan kembali, tindakan yang dilakukan oleh Penyidik sudah sesuai dengan Pasal 184 KUHAP, dimana ada Laporan Polisi, bukti permulaan yang cukup dan terpenuhinya alat bukti,” pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: 2023, Target PAD Tubaba dari Pajak Naik Rp3,5 Miliar

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA