Logo Saibumi

2023, Target PAD Tubaba dari Pajak Naik Rp3,5 Miliar

2023, Target PAD Tubaba dari Pajak Naik Rp3,5 Miliar

Saibumi.com (SMSI), Tulang Bawang Barat - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tulangbawang Barat dari sektor pajak pada 2023 naik menjadi Rp3,5 miliar.

 

BACA JUGA: Lagawi Fest "Satu Bumi Juta Karya" Bangga Buatan Indonesia

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tulangbawang Barat, Ainuddin Salam, mengatakan bahwa di APBD perubahan tahun ini PAD dari sektor pajak berada di angka Rp700 juta.

 

“Itu juga banyak dari pajak penerangan jalan,” kata Ainuddin saat di konfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (23/6/2022).

 

Sementara untuk tahun 2023, lanjut Ainuddin, DPRD, Pj Bupati dan sekda minta BPPRD mencari potensi- potensi yang dapat menambah atau mendongkrak pendapatan pajak.

 

“Telah disampaikan ke Sekdakab bahwa di APBD 2023 kita menyanggupi kenaikan target PAD sekitar Rp3,5 miliar dari sektor pajak,” ungkapnya.

 

Skenarionya, kata Ainuddin, dengan mencabut stimulus pajak dari wajib pajak yang semula hanya Rp19 ribu menjadi Rp25 ribu. “Tidak hanya itu, kita akan mengadakan pendataan kepada wajib pajak baru di luar PBB seperti restoran, reklame dan hotel," kata dia.

 

Ainuddin menjelaskan, stimulus mulai diberlakukan sejak tahun 2015 lalu, karena melihat masyarakat lagi dalam keadaan sulit, harga tanah lagi murah sehingga ada peraturan bupati yang memberikan stimulus sebesar 42 persen.

 

"Namun saat ini kita melihat dari kemajuan Tulangbawang Barat yang cukup cepat, harga jual tanah semakin tinggi dan lainnya, dan kita juga telah memberlakukan diskon selama 7 tahun, jadi telah sewajarnya kita cabut di tahun 2023 mendatang," tuturnya. (Sir)

BACA JUGA: HMI Lampura, Angkat Bicara Soal Kios Pupuk Nakal

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong