Logo Saibumi

Diperiksa Sebagai Saksi Perkara Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI, Ini Kata Irham Jafar

Diperiksa Sebagai Saksi Perkara Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI, Ini Kata Irham Jafar

Foto: Kantor Kejati Lampung | Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Tim Jaksa Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Lampung kembali melakukan pendalaman dengan melakukan pemeriksaan terhadap 6 (Enam) orang saksi terkait dengan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyalahgunaan Dana Hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tahun Anggaran 2020. 

 

BACA JUGA: Pemprov Lampung Selenggarakan Workshop Clearing House, Wujudkan Pengadaan Barang dan Jasa Efektif, Efisien, Jujur dan Transparan

Berdasarkan daftar panggilan saksi yang di tandatangani Plt Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Lampung, M. Syarif, adapun saksi-saksi yang diperiksa antara lain :

 

1. IJLP diperiksa sebagai saksi terkait tugasnya selaku Ketua Cabang Olahraga PERBAKIN KONI Provinsi Lampung. 

 

2. MP diperiksa sebagai saksi terkait tugasnya selaku Bendahara Cabang Olahraga PERBAKIN KONI Provinsi Lampung. 

 

3. PYO diperiksa sebagai saksi terkait tugasnya selaku Sekretaris Umum Cabang Olahraga PERPANI / PANAHAN KONI Provinsi Lampung. 

 

4. MN diperiksa sebagai saksi terkait tugasnya selaku Bendahara Cabang Olahraga PJSI / JUDO KONI Provinsi Lampung.

 

5. MRN diperiksa sebagai saksi Terkait Tugasnya Sebagai Sekretaris Umum Cabang Olahraga WI/ WISHU KONI Provinsi Lampung. 

 

6. MRM sebagai saksi terkait tugasnya selaku Sekretaris Umum Cabang Olahraga PASI / ATLETIK KONI Provinsi Lampung. 

 

7. HR sebagai saksi terkait tugasnya selaku Ketua Cabang Olahraga PERTINA / TINJU KONI Provinsi Lampung

 

Kasi Penkum Kejati Lampung, I Made Agus Putra mengatakan bahwa, pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana. 

 

"Yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi serta pemeriksaan saksi bertujuan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi berkas perkara penyalahgunaan dana hibah KONI tahun anggaran 2020," ungkapnya. 

 

Dimana sebelumnya, dalam tahap penyelidikan ada beberapa fakta yang harus didalami pada kegiatan tersebut, diantaranya program kerja KONI dan pengajuan dana hibah tidak disusun berdasarkan usulan kebutuhan KONI dan cabang olahraga. 

 

"Sehingga penggunaan dana hibah KONI diduga terjadi penyimpangan dan tidak sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan," jelasnya. 

 

Sementara itu, diketahui salah satu nama yang tertera dalam daftar panggilan itu ialah Irham Jafar Lan Putra (IJLP) selaku Ketua Cabang Olahraga PERBAKIN KONI Provinsi Lampung. 

 

Irham menjelaskan bahwa pemeriksaan saksi itu berlangsung hanya satu jam. 

 

"Cuma sebentar, paling setengah jam setelah itu nunggu printnya aja yang lama. Kurang lebih sekitar sejamlah," tukas Irham, Rabu (18/5/2022). 

 

Kemudian, dirinya juga ditanya dan dikonfirmasi penyidik seputar bantuan dari KONI untuk Cabor Perbakin dan beberapa kwitansi untuk pembuktiannya. 

 

"Hanya sebatas dikonfirmasi saja, bantuan itu ada atau enggak. Terus, jumlahnya berapa. Yang pasti itu saya jawab semua seperti ada Rpm 175juta di tahun 2020, lalu untuk keperluan beli peluru Rp. 70juta, itu juga kan ada nomboknya saya," beber Irham. 

 

Selanjutnya, pada PON XX Papua, Atlet menembak Lampung telah menyumbang dua medali emas dan satu medali perak. 

 

"Seluruhnya, saya sampaikan ke Penyidik Kejati Lampung," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Walikota Eva: Cafe Tokyo Space Sudah Kita Tutup Langsung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA