Logo Saibumi

Benarkah, Gusi Berdarah Pertanda Kanker?

Benarkah, Gusi Berdarah Pertanda Kanker?

ilustrasi Gusi Berdarah

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Mengalami gusi berdarah? tentu pernah tapi tahukah kamu, bahwa gusi berdarah tidak bisa di biarkan begitu saja. kita wajib mewaspadai karena beberapa pakar kesehatan pernah mengungkapkan gejala gusi berdarah bisa sebabkan banyak gangguan kesehatan.

 

BACA JUGA: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Asuransi Kesehatan

Para ahli mendesak orang-orang yang secara konsisten mengalami gusi berdarah setiap kali mereka menyikat gigi untuk menemui dokter gigi untuk evaluasi medis yang tepat untuk mengetahui penyebabnya. Mereka juga memperingatkan hal itu bisa berubah menjadi sesuatu yang lain.

 

Pakar kesehatan mulut di Nigeria juga pernah menyebutkan apabila seseorang mengalami gusi berdarah artinya harus ditangani dengan serius. Menurut mereka, gusi berdarah jika tidak diobati maka tidak hanya menyebabkan kehilangan gigi, tetapi juga bisa menjadi tanda awal kanker, diabetes, dan penyakit autoimun.

 

Dilansir di laman PUNCH Healthwise, Rabu (11/5/2022), konsultan patologi mulut dan maksilofasial di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Lagos, Idi-Araba, dr Osariemen Okhuaihesuyi, mengatakan, gusi berdarah tidak boleh dianggap remeh atau dianggap remeh. Meskipun orang sering mengalami gusi berdarah akibat penumpukan plak di mulut, penyebab lain bisa menandakan kondisi penyakit yang mendasari seperti diabetes.

 

“Gusi berdarah tidak boleh dianggap enteng, itu harus ditangani secepat mungkin," ujarnya.

 

Bagi kebanyakan orang, alasan mengapa mereka mengalami gusi berdarah adalah karena gusi meradang. Itu berarti, mereka tidak dalam kondisi yang paling sehat dan itu karena setiap orang dari kita memiliki bakteri di mulut kita.

 

Anda memiliki sisa makanan dan hal-hal yang menumpuk di sekitar gusi, itu disebut plak penumpukan.

 

"Jadi sering kali setiap orang memiliki plak di mulut, dan itulah alasan mengapa kami menyarankan orang untuk menyikat gigi dua kali sehari untuk menghilangkannya," ujarnya dilansir dari Republika.com.

 

Namun, dalam kasus di mana itu tidak dihilangkan, maka akan mulai membentuk apa yang disebut kalkulus. Begitu ada kalkulus di sana, akan mengiritasi gusi. "Meskipun mungkin tidak terlihat seperti gusi yang teriritasi, itu tidak dalam kondisi yang paling sehat," ujarnya.

 

Dr Okhuaihesuyi mengatakan, orang-orang yang memiliki penumpukan di sekitar gusi harus mengunjungi dokter gigi untuk melakukan scaling dan polishing. Itulah cara satu-satunya untuk membersihkan partikel keras yang tidak bisa dihilangkan oleh sikat gigi. 

 

Untuk kalian yang ingin memeriksakan gigi atau konsultasi bisa datangi Klinik Pratama Saibumi, engunjungi Klinik Pratama Saibumi terletak di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 12, Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung atau menghubungi nomor telepon (0721) 564- 2445 dan telepon seluler: 0811-7999-188.

BACA JUGA: Usai Lebaran Kolestrol Melonjak, Saatnya Cegah Dengan Cara Berikut Ini

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong