Logo Saibumi

Pengertian, Manfaat, dan Jenis Asuransi Kesehatan

Pengertian, Manfaat, dan Jenis Asuransi Kesehatan

Ilustrasi: Pengertian, Manfaat, dan Jenis Asuransi Kesehatan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Salah satu alasan seseorang mengapa wajib memiliki asuransi kesehatan adalah karena asuransi ini bermanfaat meringankan beban biaya ketika sedang sakit.

 

BACA JUGA: Usai Lebaran Kolestrol Melonjak, Saatnya Cegah Dengan Cara Berikut Ini

Asuransi ini dapat membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak karena sudah ditanggung oleh pihak asuransi. Selain bisa didapatkan secara pribadi, asuransi kesehatan juga bisa didapatkan dari perusahaan yang mendaftarkan karyawannya.

 

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan asuransi kesehatan itu dan apa saja jenis-jenisnya? Mari simak penjelasan selengkapnya pada konten berikut ini:

 

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan jaminan dan perlindungan berupa pergantian biaya ketika berobat atau melakukan perawatan kesehatan. Perusahaan asuransi membiayai pengobatan sesuai kesepakatan pada polis dan sebagai gantinya, nasabah membayar sejumlah biaya yang disebut dengan premi. Perusahaan asuransi bakal membayar biaya medis seseorang mulai dari biaya rawat jalan, rawat inap, biaya obat, sampai biaya pembedahan yang harus dikeluarkan.

 

Berapa Biaya Premi Asuransi Kesehatan?

Premi merupakan biaya iuran yang harus dibayarka oleh nasabah asuransi sebagai ganti biaya yang sudah dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Sebetulnya, setiap perusahaan punya kebijakan sendiri soal biaya dan tidak bisa disamakan antara satu dengan yang lainnya.

 

Akan tetapi, besar kecilnya premi asuransi bisa dipengaruhi karena beberapa faktor penentu, yaitu:

  • Manfaat : semakin lengkap dan kompleks manfaat yang didapatkan, maka semakin tinggi tarif preminya. Misalnya, tarif premi untuk rawat inap + rawat jalan pasti lebih mahal daripada seseorang yang hanya rawat jalan saja.
  • Usia : semakin tua usia seseorang biasanya membuat harga preminya semakin mahal. Hal ini dikarenakan usia tua lebih berisiko terkena berbagai penyakit.
  • Riwayat penyakit : jika seseorang memiliki riwayat penyakit yang dibuktikan melalui medical check up, biasanya premi asuransinya semakin mahal.

 

Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi ini terbagi menjadi dua yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan. Apakah perbedaannya?

 

Manfaat Dasar

Beberapa manfaat dasar yang pasti didapatkan ketika Anda mendaftar asuransi kesehatan, antara lain:

  • Rawat jalan : membiayai konsultasi, obat-obatan, atau biaya lainnya terkait rawat jalan.
  • Rawat inap : membiayai nasabah asuransi yang sedang rawat inap di rumah sakit. Meliputi biaya kamar, biaya pengobatan, dan lain sebagainya.
  • Pembedahan : membiayai segala macam operasi dan pembedahan. Termasuk juga biaya kamar dan konsultasi dengan dokter bedah.

 

Manfaat Tambahan

Selain memperoleh manfaat dasar, peserta asuransi kesehatan biasanya juga memperoleh manfaat tambahan antara lain yaitu :

  • Melahirkan : ibu yang melahirkan bisa mendapatkan ganti biaya dari asuransi kesehatan. Baik itu melahirkan secara normal maupun melahirkan dengan cara operasi sesar.
  • Medical check up : beberapa perusahaan asuransi juga memberikan ganti biaya seseorang yang melakukan medical check up.
  • Perawatan gigi : membiayai pemeriksaan, pembersihan gigi, tambal, dan pencabutan gigi.
  • Perawatan mata : membiayai pemeriksaan, perawatan, termasuk biaya untuk membeli kaca mata.

Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi yang satu ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan siapa yang menerimanya. Ada tiga jenis asuransi kesehatan, yaitu:

 

Asuransi Kesehatan Pribadi

Asuransi kesehatan yang satu ini diperoleh seseorang secara pribadi. Sebagai contoh Si Budi mengajukan asuransi maka Si Budilah yang hanya mendapatkan manfaat asuransi yang dia ajukan.

 

Jadi manfaat rawat jalan, rawat inap, dan pembedahan hanya didapatkan oleh satu orang individu saja, bukan dua orang atau lebih.

 

Asuransi Kesehatan Keluarga

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Jadi yang mendapatkan perlindungan bukan hanya satu orang saja.

 

Sebetulnya manfaat yang diperoleh tidak jauh berbeda dengan asuransi perorangan, hanya saja lingkup penerimanya yang tidak hanya satu orang tetapi mencapai satu keluarga. Ayah, ibu, dan anak semuanya memperoleh manfaat dari asuransi ini.

 

Asuransi Kesehatan Orangtua

Asuransi kesehatan yang satu ini diberikan kepada orangtua. Hal ini dikarenakan orang tua sangat rentan terkena penyakit-penyakit tertentu seperti jantung, stroke, diabetes, kanker, dan lain sebagainya.

 

Bahkan beberapa perusahaan ada yang menyediakan produk asuransi khusus untuk orangtua terutama yang berusia di atas 50 tahun. Demikian penjelasan tentang pengertian, manfaat, biaya, dan jenis-jenis asuransi kesehatan. Selain itu, ada asuransi lain yang juga Anda butuhkan yakni asuransi jiwa.

 

Anda bisa membaca informasi selengkapnya di duitpintar.com/asuransi-jiwa/.

BACA JUGA: IDAI Ungkap Cara Penularan Infeksi Kepada Anak yang Harus Diwaspadai

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong