Logo Saibumi

YLKI : Pemerintah Dinilai Gagal Tangani Kenaikan Harga Minyak Goreng

YLKI : Pemerintah Dinilai Gagal Tangani Kenaikan Harga Minyak Goreng

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, menyoroti ironi Indonesia sebagai negara penghasil CPO terbesar, namun konsumen dalam negeri harus membayar mahal untuk minyak goreng.

 

BACA JUGA: Peringkat Enam Nasional Stabilitas Pangan, Tahun 2021 Bulog Lampung Capai 35 Ribu Ton Beras Petani

Ia menilai pemerintah mestinya bisa menjaga harga minyak goreng di level yang terjangkau. Ketika terjadi polemik harga, ia menilai pemerintah pun gagap dalam menangani hingga kenaikan terjadi secara berlarut.

 

"Ironisnya lagi pemerintah tampak gagap dan gagal dalam mengantisipasi mahalnya harga minyak goreng di Indonesia," iujarnya lewat rilis dilansir dari CNNIndonesia.com Jumat (14/1/2022).

 

Tak hanya Kementerian Perdagangan, ia juga menyebut Kepolisian juga bisa mengusut untuk membongkar sisi hukum dari dugaan penimbunan.

 

"Kemendag, Kapolri, KPPU bisa menggunakan UU Anti Monopoli atau UU Perdagangan untuk membongkar dugaan kartel," terang dia.

 

Tulus mengaku khawatir subsidi Rp3,6 triliun yang digelontorkan untuk menurunkan harga minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter bakal sia-sia kalau tidak dugaan kartel tidak diusut tuntas.

 

Menduga terjadi praktik kartel penimbunan stok minyak goreng oleh pihak tertentu yang membuat harga minyak goreng di pasar tetap tinggi. Dugaan tersebut diperkuat dengan tak kunjung turunnya harga minyak goreng di pasar kendati periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah berakhir.

 

BACA JUGA: GREE Adakan Program Tukar Tambah Elektronik Bekas Dengan Ac Baru



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong