Logo Saibumi

Soal Pelaksanaan Penjualan Minyak Rp. 14 ribu, Disperindag Lampung Tunggu Arahan Pusat

Soal Pelaksanaan Penjualan Minyak Rp. 14 ribu, Disperindag Lampung Tunggu Arahan Pusat

Foto: Istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Lampung, Muhammad Zimmi Skil, mengatakan bahwa pelaksanaan penjualan minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter, pihaknya masih menunggu arahan Pemerintah Pusat. 

 

BACA JUGA: Mulai Akhir Pekan! Kemendag Pastikan Minyak Goreng Rp14 Ribu Disebar

"Untuk tahap ke 2 sedang di konsepkan oleh Kemendag kami di Provinsi sedang menunggu arahan," ungkapnya kepada saibumi.com saat dikonfirmasi, Senin (10/1/2022) petang. 

 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, pada Desember 2021 kemendag menginisiasi (Aprindo) Asosiasi pengusaha ritel modern Indonesia mengelar 11jta minyak goreng kemasan sederhana dengan harga 14rb/liter Lampung pada Desember 2021. 

 

"Kemarin untuk tahap 1 melalui PT. Tunas Baru Lampung.Tbk sudah mendistribusikan minyak goreng tersebut melalui gerai Alfamart dan Indomaret seluruh provinsi Lampung sebanyak 43.000 liter dengan harga 14.000/liter," jelasnya. 

 

Kemudian, kemasan sederhana dan pemerintah Provinsi Lampung melalui DisPerinDag Lampung melaksanakan operasi minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 5.000 liter. 

 

"Berlokasi di pasar pasir Gintung, pasar way Halim dan 2 kali di bazar rebo halaman kantor perindag Lampung," tukasnya. 

 

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan penjualan minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter akan disebar mulai akhir pekan ini. 

 

Hal tersebut disampaikan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan, menurutnya hal itu sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng selama enam bulan ke depan terhitung mulai Januari ini.

 

"Insyaallah segera (dijual) akhir minggu ini dan tersebar secara nasional," tuturnya di Jakarta dikutip saibumi.com melalui CNN Indonesia, Senin (10/1/2022). 

 

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto pada Rabu 5 Januari 2022 mengatakan Pemerintah akan menggelontorkan 1,2 miliar liter minyak goreng untuk mewujudkan penyebaran minyak goreng kemasan harga Rp14 ribu tersebut.

 

"Pemerintah akan mengambil kebijakan menyediakan minyak goreng untuk masyarakat dengan harga Rp14 ribu per liter di tingkat konsumen di seluruh Indonesia," pungkas Airlangga. (Riduan)

BACA JUGA: Ojol Bandarlampung Harap Pemerintah Dengar Suara Rakyat Kecil



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong