Logo Saibumi

Bahaya Mandi Bola Bisa Transfer Virus, Kok Bisa?

Bahaya Mandi Bola Bisa Transfer Virus, Kok Bisa?

Foto: Ilustrasi anak mandi bola (sumber: babyology.com)

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Menjelang weekend, tentu tempat wisata jadi alternatif berlibur bersama keluarga. Kali ini kita fokus dengan arena bermain Mandi bola biasa tersedia di arena permainan untuk anak-anak.

 

Tapi, tahukah kalian? bahwa baru-baru ini penelitian soal mandi bola dapat membahayakan anak. kok bisa?

 

Perlu diingat, walau kolam mandi bola sangat menyenangkan untuk Si Kecil, ternyata ada bahaya mandi bola yang mengintai. Bayangkan saja, jika kolam mandi bola tidak dibersihkan dalam waktu yang lama, akan ada begitu banyak kotoran yang bisa membahayakan kesehatan anak. Sebelum mengetahui tips mencegah bahayanya, ketahui dulu ketiga bahaya mandi bola yang berhasil Saibumi.com Himpun dilansir dari klikdokter di bawah ini:

 

1. Infeksi bakteri
Para peneliti dari Universitas Georgia Utara, Amerika Serikat, menemukan kolonisasi mikroba yang ditemukan di beberapa kolam mandi bola. Mereka menjelaskan, kolam mandi bola bisa saja terpapar dengan muntahan, urine, debu, dan bahkan feses anak-anak yang bermain di dalamnya. Itulah sebabnya, kolam mandi bola bisa “menyimpan” banyak bakteri.


Lebih dari itu, para peneliti juga menemukan bakteri yang menyerang kulit seperti Staphylococcus aureus, di dalam kolam mandi bola.
Untuk membuktikannya, para peneliti “membawa pulang” sekitar 9-15 bola, untuk memeriksa bakteri yang menempel. Hasilnya mengejutkan. Ribuan sel bakteri ditemukan hanya dalam satu bola saja. Di antara mikroba yang ditemukan, ada 31 spesies bakteri dan 1 spesies jamur. Beberapa bakteri di bawah ini, juga ditemukan dalam penemuan itu: Enterococcus faecalis, yang berpotensi menyebabkan septikemia meningitis dan infeksi saluran kemih Staphylococcus homini, yang berpotensi menyebabkan infeksi aliran darah Streptococcus oralis, yang berpotensi menyebabkan endokarditis infektif pada lapisan jantung
Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengizinkan dan menjaga anak Anda, saat sedang bermain di kolam mandi bola.


2. Kecelakaan tak terduga
Tidak hanya bakteri dan kuman yang bisa jadi bahaya mandi bola bagi anak-anak. Kecelakaan tak terduga, juga bisa terjadi jika Anda tidak menjaga dan memperhatikan mereka, saat sedang seru bermain. Jika kolam mandi bolanya dalam, untuk ukuran anak kecil, bisa saja mereka bermain “petak umpet” di dalam bola. Akibatnya, anak lain tidak bisa melihat teman sebayanya. Kalau sudah begini, bisa saja ada tabrakan kencang yang terjadi antara anak-anak itu. Akibatnya bisa sangat fatal, mulai dari memar-memar, hingga kematian.

 

3. Bahaya lateks

Bola yang “diselimuti” bakteri, bukanlah satu-satunya bahaya mandi bola, yang harus Anda cegah. Kebanyakan kolam mandi bola, memiliki matras berbahan lateks di bawahnya. Lateks adalah protein yang ada di dalam karet. Bisa saja, bola-bola itu terkontaminasi lateks, dan terpapar pada anak-anak yang bermain di dalamnya. Alergi lateks bisa sangat serius, terutama pada anak-anak, yang masih rentan terkena alergi lateks. Beberapa gejalanya mulai dari ruam hingga pembengkakan, dapat menghalangi udara mencapai paru-paru (anafilaksis), bisa terjadi.

BACA JUGA: Live Report: Situasi Jalan Jelang Kedatangan Kapolri

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong