Logo Saibumi

Tingkatkan Sektor Pariwisata di Kulonprogo, Plaza Kuliner Glagah Siap Dibuka!

Tingkatkan Sektor  Pariwisata di Kulonprogo, Plaza Kuliner Glagah Siap Dibuka!

Foto : Pasar Kuliner Glagah yang diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Kulonprogo (Saibumi.com – Tuti)

Saibumi.com (SMSI), Kulonprogo - Dinas Pariwisata Kulonprogo menggelar kegiatan Kenduri Wisata dan Prosesi Adat Slup-slupan di Plaza Kuliner Glagah, Senin (10/1/2022).

Kegiatan ini menjadi bagian awal dari persiapan pengoperasionalan tempat tersebut.

BACA JUGA: Rekayasa Lalu Lintas Jalan Malioboro Selama Libur Nataru


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito, mengatakan, Plaza Kuliner Glagah dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2020. Namun karena dampak pandemi Covid-19 dan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), maka pemanfaatan belum bisa dilakukan.


"Pada tahun 2022 ini, kami menindaklanjuti kembali. Sebelumnya di Plaza Kuliner Glagah ini juga digelar kegiatan menoreh food festival yang digelar 2021 dalam upaya memantik kreativitas menu olahan yang disajikan oleh pelaku usaha makanan lokal," ucap Joko, di Kulonprogo, Senin (10/1/22).


Saat ini, masing-masing tenant kuliner telah dilengkapi berbagai sarana prasana (sarpras) seperti akses listrik dan air, sanitasi, pengolahan sampah, dan parkiran.

"Namun untuk pengoperasian Plaza Kuliner Glagah, kami masih menunggu Pura Pakualaman sebagai pemilik lahan," ujar Joko Mursito.


Sedangkan, Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kulon Progo, Mantoyo, mengatakan, total ada 50 tenant yang akan mengisi stand kuliner di Plaza Kuliner Glagah, Temon. Dari jumlah itu, 30 tenant milik Dinas Pariwisata (Dinpar) setempat dan 20 tenant milik Pura Pakualaman.


"Tenant milik Dinas Pariwisata Kulonprogo akan diprioritaskan bagi pelaku kuliner di Pantai Glagah. Menu yang disajikan nantinya mayoritas seafood. Kami harap wisatawan yang berkunjung ke Glagah bisa menikmati sajian kuliner seperti suasana yang ada di Jimbaran, Bali," terang Mantoyo.


Mantoyo menjelaskan, agar lebih dikenal masyarakat, PHRI akan bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Kulonprogo dan lainnya dalam mempromosikan Plaza Kuliner Glagah. (Tuti)

BACA JUGA: Terlibat Korupsi, Kepala Pekon Way Kunir Ditahan

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA