Logo Saibumi

Rekayasa Lalu Lintas Jalan Malioboro Selama Libur Nataru

Rekayasa Lalu Lintas Jalan Malioboro Selama Libur Nataru

Foto : Suasana Malioboro saat Libur Nataru 2021 (Saibumi.com - Tuti)

Saibumi.com (SMSI), Jogja - Guna menghindari dan mencegah kemacetan arus lalu lintas di Malioboro selama libur Nataru, Pemerintah dan Kepolisian membuat skema rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di obyek wisata Jogja terpopuler ini.

 

BACA JUGA: Terlibat Korupsi, Kepala Pekon Way Kunir Ditahan

Berdasarkan pantauan pada hari Jumat (24/12/2021) sore, pihak kepolisian dan satgas pengamanan dan pelayanan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kota Yogyakarta telah mendirikan empat pos pelayanan dan pengamanan.

 

Keempat pos tersebut berada di sejumlah titik keramaian dan yang utama yakni dari simpang Tugu Yogyakarta, Pos Teteg Malioboro, dan Pos Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

 

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyampaikan, sejumlah skema pengaturan lalu lintas telah disiapkan. Salah satunya melakukan barikade di Jalan Abu Bakar Ali atau tepatnya di Gardu Aniem.

 

Skema itu akan diterapkan, sebab berdasarkan hasil evaluasi sebelumnya simpul kemacetan di kawasan Malioboro berada di titik jalan tersebut.

 

"Nanti dari Gardu Aniem (pos gumaton) kami akan lakukan barikade. Karena macetnya pertemuan arus dari utara dan selatan," katanya, Sabtu (25/12/21). Purwadi menjelaskan, kendaraan yang hendak menuju Jalan Malioboro hanya dapat melalui Jalan Mataram.

 

"Karena di Gardu Aniem sudah kami barikade. Kendaraan dari arah Kridosono (Legend Cafe) tidak bisa belok kiri," ungkapnya.

 

Meski demikian, pihaknya tetap menerapkan skema tersebut secara situasional dengan memperhatikan kondisi di lapangan. "Manajemen lalu lintas ini sifatnya situasional. Konsepnya mengalir saja," jelas Purwadi.

 

Dijelaskan pula Jalan Malioboro saat malam pergantian tahun tidak akan ditutup. Dia mengimbau agar pengguna jalan yang melintas di Jalan Malioboro tidak berhenti sebab itu akan berakibat terjadinya kemacetan. "Selanjutnya kami imbau supaya masyarakat menerima konsep rekayasa lalu lintas malam tahun baru ini," pungkasnya. (Tuti)

BACA JUGA: Kabar Baik! Objek Wisata di Bandarlampung Diizinkan Buka Pada Libur Nataru 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong