Logo Saibumi

Plat Nomor Kendaraan Bakal Dipasangi Chip? Ini Alasannya

Plat Nomor Kendaraan Bakal Dipasangi Chip? Ini Alasannya

Saibumi.com (SMSI) – Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) tengah mempersiapkan aturan soal pelat nomor kendaraan bermotor pada tahu 2022.

 

BACA JUGA: Power Steering Mobil Berat, ini 4 Penyebabnya!

Pada tahun 2022 polri berencana akan melakukan perubahan warna dasar pelat nomor kendaraan bermotor menjadi putih dan huruf serta angka berubah hitam.

 

Bahkan hanya itu polri juga akan memasang chip pada plat kendaraan! Lah itu buat apa ya?

 

2022 chip yang dipasang pada pelat nomor ini dilakukan dengan tujuan spesial.

 

Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menyatakan kalau teknologi ini pasti akan dipasangkan pada kendaraan roda dua ataupun roda empat dalam waktu dekat.


Yusri Yunus menyatakan kebijakan ini diberlakukan untuk memaksimalkan penggunaan electronic traffic law enforcement (ETLE).

 

ETLE ini merupakan sistem tilang elektronik berupa kamera-kamera yang dipasangkan di jalanan untuk memantau adanya pelanggaran lalu lintas.

 

Nantinya chip yang dipasang pada pelat nomor akan berisi data dari pemilik kendaraan sehingga akan memudahkan proses penilangan.

 

Penggunaan chip pada pelat nomor kendaraan ini sudah diatur dalam aturan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021.

 

"Hal ini dilakukan untuk mendorong ETLE juga. Karena nanti semuanya akan menggunakan basis teknologi. Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam chip dan tertera data-data pemilik kendaraan. (*)

 

BACA JUGA: Bisa Dicoba, Ini Cara Mengatasi Busi Basah Motor 2 Tak dengan Mudah

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA