Logo Saibumi

Power Steering Mobil Berat, ini 4 Penyebabnya!

Power Steering Mobil Berat, ini 4 Penyebabnya!

Saibumi.com (SMSI) - Kendaraan mobil biasanya memiliki power steering yang memberi kemudahan pengemudi mngendalikan kemudi.

 

BACA JUGA: Bisa Dicoba, Ini Cara Mengatasi Busi Basah Motor 2 Tak dengan Mudah

Jika power steering kendaraan Anda terasa berat tentu itu akan menimbulkan masalah dan kenyaman bagi Anda.

 

Lantas, apa penyebab power steering berat?

 

Diketahui masalah paling umum pada atau power steering atau roda kemudi adalah sulit untuk berbelok atau berat.

Karena sebagian besar pengemudi melakukan sebagian besar belokan mereka pada kecepatan rendah, inilah saat roda kemudi yang kencang atau kaku akan paling terlihat. 

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini penyenan power steering berat yang dilansir dari berbagai sumber.

 

  1. Cairan Power Steering Rendah

Salah satu  penyebab paling umum dari roda kemudi yang kaku saat berbelok adalah ketika Anda tidak memiliki cukup cairan power steering dalam sistem.

Biasanya hal ini terjadi jika terjadi kebocoran cairan dari area selang bertekanan. Terkadang selang akan retak atau menjadi longgar, menyebabkan cairan bocor.

  1. Rak Kemudi Buruk

Rak kemudi terdiri dari pinion dan rak. Serangkaian U-joint dan poros menjaga rak kemudi tetap menempel pada roda kemudi. Rak kemudi pada akhirnya akan menjadi aus dan rusak hanya karena mengemudikan kendaraan Anda selama bertahun-tahun.

 

  1. Cairan Power Steering Kental

Seperti cairan lain di mobil Anda, cairan power steering bisa menjadi kental seiring waktu. Jika Anda tidak mengganti cairan power steering sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda, maka pada akhirnya akan menjadi terlalu kental untuk melumasi sistem dan akan membuat power steering berat.

 

  1. Kegagalan Pompa Power Steering

Pompa dari sistem power steering inilah yang menghasilkan jumlah tekanan yang dibutuhkan untuk memungkinkan Anda memutar setir dengan mulus.

Jika pompa ini berhenti bekerja, maka akan lebih sulit untuk memutar setir, terutama pada kecepatan rendah.

Biasanya, dalam situasi ini, pompa tidak akan mencegah roda kemudi bergerak sepenuhnya. Anda masih dapat memutarnya, tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak kekuatan di pihak Anda.

 

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat mengetahui penyebab power steering berat. (*)

 

BACA JUGA: Percepat Transisi Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah Titik SPKLU Baru di Lampung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA