Logo Saibumi

Bisa Dicoba, Ini Cara Mengatasi Busi Basah Motor 2 Tak dengan Mudah

Bisa Dicoba, Ini Cara Mengatasi Busi Basah Motor 2 Tak dengan Mudah

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pada masa sekarang sudah memilih jenis motor dua tak yang dianggap sebagai pilihan yang terbaik. Namun sayangnya, terkadang juga terjadi permasalahan busi yang basah sehingga cara mengatasi busi basah motor 2 tak itu semakin dicari.

Secara garis besar, permasalahan seperti busi motor yang basah bukan merupakan permasalahan yang baru ditemui namun tetap menimbulkan rasa khawatir. Ditambah lagi, ternyata banyak faktor yang bisa menyebabkan busi motor menjadi basah sehingga nantinya tidak bekerja secara maksimal.

BACA JUGA: Percepat Transisi Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah Titik SPKLU Baru di Lampung

Meskipun begitu, di sisi lain, sudah ada beberapa solusi yang bisa dipraktikkan sesuai dengan kondisi masing-masing. Untuk mengetahui apa saja solusi yang tepat, silakan simak ulasan di bawah ini dikutip laman https://blog.oscas.co.id/

1. Menyikat Permukaan Busi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan seperti busi motor yang basah adalah dengan melepas busi motornya terlebih dahulu. Namun sebaiknya sejak awal pastikan untuk melepas busi pada motor 2 tak masing-masing dengan hati-hati dan tangan yang bersih.

Kemudian setiap pemilik motor hanya perlu melanjutkan dengan mengambil tutup busi yang ada tersebut dan siapkan kain yang memang kering. Selain itu, para pemilik motor juga bisa menggunakan sikat sebagai media bantuan untuk membersihkan permukaan dari busi motor.

Cara yang pertama ini direkomendasikan untuk dicoba pertama kalinya karena tidak akan membutuhkan waktu yang lama ketika dipraktikkan. Ditambah lagi, permukaan dari busi bisa saja memiliki berbagai kondisi yang berbeda terutama dalam tingkat kebasahan.

2. Mengganti Gasket Oil

Selanjutnya ada juga cara mengatasi busi basah motor 2 tak yang jangan sampai dilewatkan untuk diketahui dan nantinya bisa dipraktikkan. Cara ini dapat dilakukan ketika busi motor yang basah ternyata disebabkan oleh adanya kebocoran oli sehingga mesin pun nantinya terhambat.

Untuk mengatasi hal ini, setiap orang bisa melakukan pengecekan kompresi pada bagian untuk menyimpan oli motor. Agar nantinya busi bisa kembali berjalan dengan baik, bersihkan pula oli yang tertumpahkan dan pastikan untuk mengganti bagian gasket oil.

3. Mengganti dengan Busi yang Baru

Cara ini dapat dijadikan sebagai pilihan jika memang busi yang dipakai tetap tidak bisa berfungsi walaupun sudah dibersihkan. Selain itu, bisa juga memilih jenis busi iridium dengan daya tahan yang lebih lama terhadap berbagai kondisi.

4. Mengganti Komponen CDI

Sementara itu, untuk cara mengatasi busi basah motor 2 tak yang selanjutnya ini hanya bisa dilakukan dengan melibatkan komponen CDI. Kali ini, setiap orang hanya perlu untuk melakukan penggantian komponen tersebut agar nantinya mesin motor bisa digunakan kembali.

Pada umumnya, salah satu contoh dari tanda kerusakan pada busi motor setelah mengalami kebasahan adalah tidak adanya percikan api. Jika ternyata kondisi dari motor dua tak yang dimiliki seperti itu, maka langsung sajak cek bagian khusus CDI yang ada masing-masing.

Setelah itu, setiap orang bisa melihat apakah kondisi dari komponen tersebut memang masih mumpuni untuk dipakai. Jika tidak, maka langsung ganti dengan komponen yang baru dan manfaatkan perubahan yang diperlukan.

5. Membersihkan Filter Udara

Kemudian ada juga solusi yang lainnya yang ternyata secara sederhana bisa dimasukkan ke dalam kategori yang mudah untuk dipraktikkan. Jenis cara mengatasi busi basah motor 2 tak ini hanya bisa dilakukan dengan cepat dan memanfaatkan bantuan dari kain yang masih kering.

Setiap orang hanya perlu memeriksa juga bagian filter udara yang mungkin mendapatkan pengaruh dari kondisi busi yang basah. Jika ternyata benar, maka silakan langsung saja membersihkan filter udara yang ada di motor tersebut.

6. Memeriksa Karburator Motor

Kali ini, ada solusi lainnya untuk mengatasi busi motor dua tak yang sedang basah dan menyebabkan motor tidak dapat digunakan. Awali dengan memeriksa bagian karburator pada motor dan bersihkan jika ada noda yang menghalangi setelah busi mengalami kondisi yang basah.

Untuk mempraktikkan cara ini, setiap pengguna bisa menghabiskan waktu yang lama sehingga sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pemasangan karburator dengan benar untuk kedua kalinya.

Informasi secara lengkap mengenai cara mengatasi busi basah motor 2 tak di atas tentu saja jangan sampai dilewatkan begitu saja. Apalagi sudah ada beberapa jenis solusi yang secara sederhana bisa dilakukan dengan begitu mudah oleh pemilik motor.

BACA JUGA: Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA