Logo Saibumi

UMK 2022 Bandarlampung Telah Ditetapkan, Naik Rp 30 Ribu

UMK 2022 Bandarlampung Telah Ditetapkan, Naik Rp 30 Ribu

Ilustrasi pemberian upah istimewa

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah menetapkan secara resmi Upah mininum kota (UMK) Bandarlampung tahun 2022.

Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Gubernur Lampung dengan Nomor Surat G/654/V.08/HK/2021. Pada poin kesatu tertulis menetapkan upah minium kota Bandarlampung tahun 2022 sebesar Rp 2.770.794.

BACA JUGA: Berita Cuaca: Sabtu Potensi Hujan di Wilayah Lampung

Besaran UMK Bandarlampung 2022 ini mengalami kenaikan sebesar Rp 30.811,10 dari upah tahun 2021 sebesar Rp 2.739.983.

Sementara itu, besarnya UMK Kota Tapis Berseri sebagaimana dimaksud pada diktum kesatu hanya berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari satu tahun. Sebagaimana tertulis pada poin kedua.

Selanjutnya, pada poin ketiga pengusaha/perusahaanwajib menyusun dan menerapkan struktur dan skala upah, yang menjadi pedoman upah bagi pekerja/buruh dengan masa kerja lebih dari satu tahun.

Kemudian, dalam poin keempat tertulis pengusaha/perusahaan dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum kota yang telah ditetapkan dalam keputusan ini.

Di lain tempat, Dewan Pengupahan Kota Bandarlampung, Khaidarmasyah menyampaikan bahwa pihaknya sudah menerima surat keputusan Gubernur Lampung tentang penetapan UMK Bandar Lampung 2022.

Sebelumya Walikota sudah menyampaikan surat kepada Gubernur Lampung tentang upah minimum Kota Bandarlampung Tahun 2022 dengan usulan kenaikan sebesar Rp 50.000.

“Usulan ini sudah melalui rapat Dewan Pengupahan dengan Apindo, Pihak Serikat Buruh, Akademisi, Pakar, dan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung," ungkapnya dikutip saibumi.com dari berbagai sumber, Sabtu (4/12/2021).

Lebih lanjut Khaidarmansyah menjelaskan wewenang penetapan UMK ada di provinsi. Pihaknya hanya mengajukan meski begitu Khaidarmansyah meminta semua pihak untuk menerima keputusan Gubernur tersebut.

“Kenaikan UMK berlaku tertanggal 1 Januari 2022 dan meminta seluruh perusahaan yang ada di Bandarlampung untuk mematuhi penetapan UMK tersebut,” pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Fix! Wirahadikusumah Menjadi Ketua PWI Lampung 2021-2026

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong