Logo Saibumi

Usut Gratifikasi Adik Eks Bupati Lampung Utara, KPK Panggill Sebelas Saksi

Usut Gratifikasi  Adik Eks Bupati Lampung Utara, KPK Panggill Sebelas Saksi

Saibumi.com (SMSI) Bandar Lampung - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan saksi atas perkara dugaan penerimaan gratifikasi Akbar Tandaria Mangkunegara (ATMN) selaku adik kandung mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lampung.

 

BACA JUGA: Ekonomi Sempat Ngerem Kini Mulai Injak Gas, Jokowi : Meski Hampir Pulih Kita Harus Waspada

Para saksi itu dari berbagai profesi. Seperti dari pihak swasta, Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga buruh harian.

 

“Pemeriksaan dilakukan di Kantor BPKP Perwakilan Lampung, hari ini ada 11 nama yang dijadwalkan pemanggilan para saksi-saksi yang dimana mengetahui terkait dugaan gratifikasi di Pemkab Lampura,” ungkap Plt juru bicara KPK Ali Fikri, saat dikonfirmasi, Rabu (24/11/2021).

 

Lebih lanjut Ali, pemeriksaan ini terus akan dilakukan dalam beberapa pekan depan. Dan masih banyak saksi-saksi yang akan diperiksa.

 

“Penyidik terus akan mengejar dan melengkapi berkas perkara ATMN,” jelasnya.

 

Perlu diketahui, Akbar Tandaria Mangkunegara merupakan adik kandung dari mantan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka penerima gratifikasi di lingkungan Pemkab Lampung Utara tahun 2015 sampai 2019. Akbar Tandaria diduga turut menikmati uang panas Rp2,3 miliar dari sejumlah rekanan yang menggarap proyek di Dinas PUPR Lampung Utara.

 

Atas perbuatannya, tersangka Akbar Tandaria disangkakan melanggar Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 KUHP.

 

Akbar diduga menjadi perantara penerimaan sejumlah fee dari berbagai pihak untuk Agung Ilmu Mangkunegara, tersangka pun disebut-sebutsebagai orang yang membantu Agung Ilmu Mangkunegara dalam mengelola, mengatur, menyetor penerimaan sejumlah uang dari paket pekerjaan di Dinas PUPR Lampung Utara. (Riduan)

BACA JUGA: Hiu Paus Ukuran Enam Meter Terdampar di Pantai Sukaraja Lampung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA