Logo Saibumi

Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama di Indonesia Jadi Google Doodle Hari ini

Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama di Indonesia Jadi Google Doodle Hari ini

Saibumi.com (SMSI)  - Roehana Koeddoes  adalah wartawati pertama di Indonesia yang dijadikan Google Doodle hari ini, Senin (8/11), dibuat khusus untuk mengenang

Roehana Koeddoes lahir sebagai Siti Roehana pada 20 Desember 1884 di kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat.

Dibesarkan di era ketika perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal.

BACA JUGA: Yanni, Rider Turing JKW  PWI akan Mendaki Tujuh Gunung Tertinggi Indonesia, Tunjukan Semangat Pemuda

Ia mengembangkan kecintaan membaca dengan membaca halaman-halaman surat kabar lokal dan berbagi berita lokal dengan teman-temannya pada usia tujuh tahun.

Pada 1911, ia meresmikan karirnya di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang diperuntukkan bagi perempuan.

Didirikan di kota kelahirannya, sekolah Koeddoes memberdayakan perempuan melalui berbagai program, mulai pengajaran literasi bahasa Arab hingga moralitas.

Kemuadian dia memperluas pengaruhnya setelah pindah ke Bukittinggi, sebuah kota besar di Sumatera Barat, dengan menjadi salah satu jurnalis wanita pertama di Indonesia.

Di sini, ia memainkan peran kunci dalam perintis surat kabar wanita “Soenting Melajoe”.

Koeddoes terus menulis artikel yang mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme. Bahkan beberapa tulisannya mendapatkan pengakuan secara nasional.

Sebagian berkat perintis seperti Koeddoes, banyak yang menganggap perempuan dalam jurnalisme Indonesia lebih kritis dan berani dari sebelumnya.

”Doodle hari ini merayakan pendidik dan jurnalis Indonesia Roehana Koeddoes, juara seumur hidup untuk kesetaraan dan kebebasan berekspresi perempuan,” tulis Google.

Atas prestasi kepeloporannya itu, pemerintah Indonesia menobatkannya sebagai pahlawan nasional pada hari ini di 2019. (*)

BACA JUGA: Sekdaprov Fahrizal Lepas Kontingen Peparnas XVII Papua 2021



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong