Logo Saibumi

Bagaimana Berkendara Sepeda Motor Dengan Aman Saat Hujan?

Bagaimana Berkendara Sepeda Motor Dengan Aman Saat Hujan?

Saibumi.com, Bandar Lampung - Memasuki bulan ini tentunya memasuki bulan musim penghujan,Saat musim penghujan banyak yang harus disiapkan oleh pengendara motor, mengingat motor tidak seperti mobil. Tentunya ada barang yang perlu disiapkan seperti membawa jas hujan agar tidak basah kuyup saat berkendara.

 

BACA JUGA: Langkah Aman Mengendarai Motor Kopling

Selain itu berkendara dalam kondisi hujan juga merupakan suatu tantangan, karena jalan yang dilewati pasti licin dan dipenuhi genangan air.
Nah berikut ini kami akan membahas mengenai Bagaimana Berkendara Sepeda Motor Dengan Aman Saat Hujan.

 

1. Gunakan Jas Hujan Mode Single
Menggunakan jas hujan mode single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika saat hujan. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan mengendarai kendaraan sepeda motor.

 

Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikan penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor. Dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor dengan nyaman seperti saat tidak terjadi hujan.


Tidak ada salahnya jika kamu mulai merubah kebiasaan membawa jas hujan double daripada membawa jas hujan tandem yang mungkin juga tidak terlalu efektif untuk menangkal air hujan.

 

2. Jangan Asal Rem Mendadak Saat Hujan Turun
Kondisi jalan ketika hujan tentunya akan lebih licin. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan.


Hal yang harus kamu hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah
• Jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin.

 

• kamu bisa memanfaatkan engine brake, gunakan engine brake untuk membantu pengereman.
• Jaga jarak kendaraan kamu dengan kendaraan lainnya, hal ini berguna untuk menghindari pengereman mendadak.

 

3. Pastikan Menyalakan Lampu Kendaraan
Peraturan sekarang memang mewajibkan bagi pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari.

 

Nah, begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar kamu bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.

 

4. Lebih Baik Berhenti Jika Keadaan Memburuk
Jika dirasa hujan terlalu lebat ada baiknya jika kamu berhenti di pinggir jalan untuk berteduh.


Selain menjaga badan dalam keadaan hangat kamu juga sambil mengistirahatkan badan, karena hujan yang turun terlalu lebat akan sangat berbahaya bagi kesehatan.


Jarak pkamung menjadi terbatas, sehingga membuat pengendara harus lebih berhati-hati. Tunggu sampai hujan sedikit reda, baru kamu bisa lanjutkan perjalan.

 

5. Tingkatkan Kewaspadaan Saat Berkendara
Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa jalan akan tergenang air di titik-titik tertentu, dimana kita tidak bisa melihat kondisi jalan yang mungkin berlubang atau rusak.


Dengan keadaan ini tentunya pengendara wajib meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara di waktu kondisi hujan. Dengan menjadi lebih waspada tentunya kamu meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

 

Sebenarnya apapun kondisinya baik hujan maupun tidak, yang terpenting bagi pengendara adalah selalu waspada dan jangan terlalu memaksakan. Nah, demikian tips yang sudah kami bahas diatas? Jangan khawatir dengan tips yang sudah ada, tentunya kamu akan aman kok berkendara saat hujan datang.


Lagian sebagai seorang pengendara motor tidak ada jalan lain bukan, jadi pengendara tetap harus tenang dan waspada hingga sampai ke tujuan.”jelas Salesman Astra Motor Natar Muhammad Yazid.(SB05)

BACA JUGA: Apakah Perlu Pengendara Melakukan Pelatihan Safety Riding?



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong