Logo Saibumi

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, ini Kisahnya!

Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama, ini Kisahnya!

Saibumi.com (SMSI) - Putri dari Presiden Sukarno, Sukmawati Soekarnoputri, resmi berpindah agama dari Islam ke Hindu.

Ia mengungkapkan alasannya kepada publik kenapa ia beralih keyakinan itu.

BACA JUGA: Sukmawati Soekarnoputri Pidah Agama, Kembali ke Agama Leluhurnya! 26 Oktober 2021 Akan Jalani Ritual Pindah Agama Hindu

Diusianya ke 70 Sukmawati menjalani ritual pindah ke agama Hindu di Bali pada Selasa (26/10/2021) yang dilaksanakan di rumah ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, di Buleleng, Bali.

Upacara inti Sudhi Wadani yang dijalani Sukmawati Soekarnoputri dilakukan di Merajan (Pura) Dadia Pasek Baleagung Buleleng. Dalam prosesi itu juga dilakukan penandatanganan surat yang disaksikan oleh berbagai pihak, terutama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Setelah resmi berpindah ke agama Hindu, Sukmawati kini memiliki nama pemberian. Nama ini diberikan pemimpin puri yang disebut penglingsir.

"Kanjeng Ibu Sukmawati Sukarno, yang hari ini officially per hari ini memiliki nama Bali yang diberikan para penglingsir, yaitu beliau bernama atau bergelar Nia Sukmawati," kata penanggung jawab upacara, Arya Wedakarna, Selasa (26/10/2021).


Sukmawati menyebut dirinya kembali ke agama leluhur. Seperti diketahui, nenek dari Sukmawati atau ibu dari Sukarno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, adalah keturunan Bali.

"Saya baca di medsos di berita-berita tentang Sukmawati Soekarnoputri kembali kepada agama leluhur. Jadi supaya mendapatkan background yang lebih jelas, kenapa ya. Ini merupakan suatu proses, perjalanan panjang untuk menjadi Hindu," kata Sukmawati di rumah Ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, di Buleleng, Bali, Selasa (26/10/2021).

Sukmawati menceritakan pengalaman spiritual hingga dia memutuskan pindah ke agama Hindu. Sukmawati kerap melihat Presiden The Soekarno Center Arya Wedakarna pergi ke Pura.

"Ada lagi selipan bahwa Arya mau ke Pura untuk sembahyang dan itu ibu perhatikan agak sering ya gitu loh. Karena dia saya nilai jadinya oh Arya tuh memang seorang pemuda yang religius dan dari situlah mau nggak mau. Beliau sih bilang, ya kalau ibu mau ikut gitu ya sembahyang ayo, kalau nggak ibu bisa duduk aja di tempat duduk di dekat pura gitu," kata Sukmawati di rumah ibunda Bung Karno, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, di Buleleng, Bali, Selasa (26/10/2021).


Sukmawati mengaku senang belajar agama. Setelah mempelajari cara sembahyang agama Hindu, Sukmawati merasa hal itu lebih meresap ke dirinya.

"Ibu senang belajar beberapa agama seperti apa sih cara sembahyangnya, cara berdoanya. Jadi apalagi yang juga sebagian mengalir di leluhur ibu ini. Ya itu pengin tahu cara sembahyang Hindu Bali itu seperti apa, oh rupanya lebih bisa meresap di jiwa ibu gitu," ujar Sukmawati.(*)

BACA JUGA: Siapa Ellya Khadam? Polopor Dangdut Indonesia 23 Oktober 2021 Jadi Google Doodle

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA