Logo Saibumi

PCR Dinilai Membenani Masyarakat Pengguna Jasa Penerbangan

PCR Dinilai Membenani Masyarakat Pengguna Jasa Penerbangan

Foto: Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Tes PCR atau polymerase chain reaction kini menjadi syarat penerbangan terbaru wajib bagi calon penumpang pesawat terbang domestik. Persyaratan ini berlaku seiring perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 1 November 2021

 

BACA JUGA: Reses ke Kanwil Kemenkumham Lampung, Taufik Basari Bahas Overcrowding Lapas Hingga Layanan OBH

Hal tersebut, menuai banyak penolakan karena dinilai merepotkan masyarakat.

 

“Dalam aturan disebutkan PCR yang digunakan harus H-2, sementara di daerah masih banyak lab yang hasil tes PCR belum bisa cepat. Akhirnya malah sangat merepotkan,” ujar Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan

 

Otoritas kesehatan diminta menjelaskan kepada publik sampai kapan kebijakan rapid test ketat terus diberlakukan. Hal itu disampaikan anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Sitorus. Politikus PDIP itu khawatir kebijakan rapid test hanya akan membebani rakyat saja.

 

“Saya khawatir bahwa semakin lama kebijakan rapid test dan PCR yang hanya berlaku satu dan tiga hari itu akan semakin membebani masyarakat. Yang untung dengan kebijakan itu hanya para importir alkes rapid test dan pemasok regent PCR, dan semua itu impor yang menguntungkan negara asing,” ujarnya.

 

Sebagaimana diketahui masyarakat sebagian sudah mengikuti program vaksinasi pemerintah, hingga dosis kedua. Dan sertivikat vaksinasi juga menunjang dalam syarat perjalanan. maka sebaiknya kebijakan mewajibkan tes PCR dapat di kaji ulang agar tak membebani masyarakat.

 

BACA JUGA: Hiswana Migas: SPBU Selalu di Audit Program Pasti Pas Agar Dapat Berikan Layanan Prima



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong