Logo Saibumi

Motor Matic Tiba-Tiba Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya

Motor Matic Tiba-Tiba Mogok? Mungkin Ini Penyebabnya

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Motor matic memang saat ini menjadi kendaraan favorit masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan transportasi.


Praktis dan efisien menjadi faktor utama yang memicu banyak konsumen lebih menjatuhkan pilihan kendaraan mereka ke motor matic. Apalagi, motor matic didukung pula dengan segala fitur yang memang fungsional serta sesuai kebutuhan pasar saat ini.

BACA JUGA: Dapat Diskon Sampai Rp 1 Jutaan Khusus Pembelin Honda Genio di Astra Motor Imam Bonjol

 

“Meski demikian, tetap saja diperlukan langkah perawatan terbaik guna menjaga agar motor matic Anda selalu prima dan nyaman dikendarai dimana saja dan kapan saja.


Sebab, jika tak dirawat secara intens maka akan berpotensi memicu kerusakan pada beberapa bagian. Seperti motor matic yang tiba-tiba mogok tanpa sebab” buka Suroso, Kepala Bengkel AHASS Astra Motor Imam Bonjol.

 

“Bahkan, pada beberapa kasus, motor tak bisa distarter sama sekali. Tentu saja, kondisi tersebut menjadi sebuah masalah yang perlu mendapat perbaikan” tambah Suroso.
“Ada akibat, tentu saja ada sebabnya.

 

Nah, penyebab motor matic yang secara tiba-tiba mesinnya mati/tak bisa dihidupkan, biasanya dipicu oleh beberapa faktor.” tambah Suroso. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.


Mesin Terlalu Panas
Biasanya kondisi seperti overheat ini terjadi akibat dari motor yang tidak pernah berhenti atau digunakan secara terus menerus selama 24 jam lebih tanpa berhenti.


Maka, tak heran jika kondisi tersebut pun memicu sistem pembakaran ataupun gesekan antara piston dengan liner nya terlalu panas. Dengan demikian maka akan menyebabkan kondisi mesin mengalami kenaikan suhu secara drastis akibatnya piston dan liner boring menjadi macet.

 

Tangki Bahan Bakar Kemasukan Air
Hal seperti ini memang jarang terjadi namun bisa saja menimpa pada motor matic Anda. Sehingga, Anda perlu memastikannya apakah benar tangki kemasukan air.


Pasalnya, dengan adanya kandungan air di dalam tangki yang bercampur dengan bahan bakar, tentu saja secara otomatis akan mengganggu jalannya proses pembakaran di ruang bakar bensin.

 

Setelan Klep Kurang Tepat
Klep yang pemasangannya tidak sesuai standar prosedur manufaktur, tentu saja akan membuat mesin tak mampu beroperasi secara maksimal. Dengan demikian maka akan membuat suhu dalam mesin meningkat.


Biasanya, pemasangan klep yang tidak tepat dikarenakan service di bengkel non-resmi. Sehingga, pemasangannya pun asal-asalan saja yang membuat posisi klep tidak presisi atau sesuai prosedur.

 

Kualitas dan Volume Oli Menurun
Kualitas kadar oli di sini berkenaan dengan kinerjanya dalam menjaga setiap sela komponen di dalam ruang mesin motor.


Karena, tak bisa dipungkiri bahwa selain sebagai pelumas, tentu saja oli juga berfungsi sebagai penstabil suhu dalam mesin ketika mesin bekerja/dihidupkan. Kualitas oli yang menurun tentu akan berdampak pada hasil pelumasan maupun suhu mesin yang kurang terkontrol.


Radiator Tak Berfungsi
Diperlukan pengecekan radiator sebagai salah satu komponen penting yang berperan dalam menjaga suhu mesin dalam mesin. Di dalam radiator, ada cairan coolant sebagai cairan pendingin.


Artinya, Anda harus mengecek bagian cairan coolant pada radiator motor matic tersebut guna memastikan bahwa kondisi motor matic tetap dalam keadaan prima dan mesinnya terjamin tak akan mogok.


Oleh sebab itu, beberapa penyebab di atas selalu berkaitan dengan sistem operasional mesin pada kendaraan matic Anda. “Tak sampai di situ saja, dalam hal lain pun tak menutup kemungkinan bahwa kondisi motor matic yang sering mogok menjadi pertanda bahwa sudah waktunya turun mesin.


Khusunya, motor matic yang sudah berusia lama” tutup Suroso.
AHASS Astra Motor Imam Bonjol beralamat di Jl. Imam Bonjol No 273B Kel. Gedong Air Kec. Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Info Hub. 085218223353.(SB05)

BACA JUGA: Cara Parkir Standar Tengah Motor buat Perempuan



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong