Logo Saibumi

Hati-Hati Salah Colok Swab Test Sendiri Dapat Sebabkan Lapisan Pelindung Otak Tertusuk dan Bocor

Hati-Hati Salah Colok Swab Test Sendiri Dapat Sebabkan Lapisan Pelindung Otak Tertusuk dan Bocor

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Untuk mengetahui kita terinfeksi virus covid-19 diperlukan Tes swab, baik itu berupa antigen maupun PCR, merupakan kunci untuk menekan penularan COVID-19.

 

BACA JUGA: Pinjol Merambah ke Lampung: Polda Terima Enam Laporan Korban Pinjaman Online

Namun, orang perlu berhati-hati dalam tes swab, apalagi jika melakukannya secara mandiri. Sebab, metode tes swab yang keliru justru dapat bikin luka serius di hidung.

 

Pada Juli lalu, misalnya, jurnal Applied Radiology melaporkan kasus seorang pasien COVID-19 di AS yang mengalami kebocoran cairan serebrospinal (cerebrospinal fluid/CSF) saat melakukan tes swab secara mandiri. CSF adalah cairan bening yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

 

Pasien tersebut datang ke Baylor University Medical Center di Texas, AS, untuk mengecek kondisinya. Para ahli yang memeriksanya menemukan bahwa pasien tersebut telah menusuk struktur pelat cribriform di dalam hidung sehingga bikin cairan serebrospinal jadi bocor.


Peneliti menyebut bahwa pasien itu perlu dibedah untuk membetulkan struktur pelat cribriform-nya. Ia diberi obat antibiotik dan diperbolehkan pulang setelah dirawat dua pekan. Jika pengetahuan yang minim justru bakal membuat mereka dapat melukai diri sendiri saat tes swab mandiri.


“Meski secara umum dianggap aman, tes swab hidung bukannya tanpa risiko. Individu yang melakukan tes yang dilakukan sendiri dengan pelatihan minimal dapat dimengerti memiliki risiko cedera yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang diuji oleh staf medis yang terlatih,” jelas para ahli.

BACA JUGA: Ratusan Pegawai BPN Terlibat Mafia Tanah



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong