Logo Saibumi

Data Pengguna eHAC Bocor, Kemenkes Beri Penjelasan

Data Pengguna eHAC Bocor, Kemenkes Beri Penjelasan

Foto: Tangkapan Layar Google Play Store (Riduan)

Saibumi.com (SMSI), Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menduga sumber kebocoran data pengguna elektronik health alert card atau eHAC berasal dari pihak mitra.

 

BACA JUGA: Hati-Hati! Musim Maling Jendela Dicongkel, Motor dan Dua Ponsel Lenyap Didalam Rumah

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI, Anas Ma'ruf, ia menjelaskan pihak mitra yang dimaksud adalah pengelola aplikasi eHAC yang bekerjasama dengan Kemenkes RI.

 

"Dugaan kebocoran di aplikasi eHAC yang lama diduga kebocoran dari pihak mitra, dan kini (dugaan kebocoran) sudah diketahui oleh pemerintah, maka dari itu kami melakukan tindakan pencegahan dengan menonaktifkan eHAC lama," ungkap Anas. Dalam keterangan persnya yang disiarkan melalui Youtube Kemenkes, Selasa (31/8/2021)

 

Dia juga memastikan, pihaknya telah melakukan investigasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) serta pihak berwajib untuk melakukan penyelidikan secara menyeluruh.

 

Amanat dan keterlibatan dengan pihak berwajib tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem Digitalisasi Data Elektronik. 

 

Sementara itu Biro Komunikasi Kemenkes, Widyawati mengatakan bahwa status kebocoran data pengguna eHAC masih sebatas dugaan, dan belum bisa dipastikan apakah memang terjadi kebocoran data.

 

"Ini adalah baru dugaan kebocoran, karena sebuah insiden kebocoran baru 100 persen bisa dikatakan bocor jika sudah ada hasil audit digital forensik," jelas Widyawati.

 

Pemerintah juga meminta masyarakat untuk menghapus atau menguninstall aplikasi eHAC lama dan mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang keamanannya diklaim lebih terjamin karena data dikirim langsung ke pusat data nasional. (Riduan)

BACA JUGA: Terkait Insentif Nakes, Begini Kata Wakil Walikota Bandarlampung



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong