Logo Saibumi

Aplikasi PeduliLindungi Menjadi Syarat Wajib Masuk Mall di Yogyakarta

Aplikasi PeduliLindungi Menjadi Syarat Wajib Masuk Mall di Yogyakarta

Saibumi.com(SMSI), Yogyakarta - Pelonggaran operasional yang dapat dilakukan selama perpanjangan PPKM Level 4 untuk pusat perbelanjaan atau mall dipastikan akan berjalan maksimal sesuai acuan yang ada pada Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 35 tahun 2021 terkait PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid 19 di wilayah Jawa dan Bali.

 

BACA JUGA: Bintara Otsus Berikan Materi Wasbang Pada siswa MTS Dan siswa SD

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DIY Surya Ananta mengatakan, pusat perbelanjaan atau Mall di DIY sudah diijinkan trial opening menyusul beberapa Mall di kota lain seperti Jakarta, Surabaya, Semarang maupun Bandung yang lebih awal melakukan trial opening.

 

Pelaksanaan tersebut dilakukan seluruh mall yang ada di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman dengan menerapkan protokoler secara ketat.

 

"Memang sebelumnya kami sudah mempersiapkan, kami sudah belajar atau melihat dari pengalaman beberapa kota yang sudah lebih duluan open, nah  protokoler ketat itu apa yaitu prosedur dengan masuk menggunakan QR Code yang diakses dari aplikasi PeduliLindungi prinsipnya itu saja," katanya, Rabu (25/8/21).

 

Menurutnya, peraturan tertulis yang tertuang dalam Inmendagri no 35 tahun 2021 tersebut mengatur batasan usia yang diperbolehkan masuk ke Mall antara 12 tahun hingga 70 tahun, dengan kapasitas masuk mall 50 persen, dan jam operasional mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

 

Dijelaskannya, melalui scan QR Code pada aplikasi PeduliLindungi nantinya akan diketahui pengunjung diperbolehkan masuk atau tidak.

 

Jika hasil scan di aplikasi tersebut berwarna hijau maka pengunjung akan diperbolehkan masuk, sedangkan jika berwarna kuning perlu dilakukan kajian terkait pelaksanaan vaksinasi, sedangkan jika berwarna merah akan dilarang masuk karena selain disinyalir belum melakukan vaksinasi atau tengah terpapar Covid 19.

 

Sementara itu, selama masa pelonggaran pada PPKM Level 4 di DIY sejak 24-30 Agustus 2021 mendatang, restoran masih tetap memberlakukan kebijakan take away. (tuti)

BACA JUGA: Seorang ASN Perempuan di Ngawi Mengamuk dan Hancurkan Kaca Mobil di Tengah Jalan



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong