Logo Saibumi

Terindikasi ada Kegiatan Fiktif, Kadis Dinas Pariwisata Lamtim Terkesan Enggan Diklarifikasi

Terindikasi ada Kegiatan Fiktif, Kadis Dinas Pariwisata Lamtim Terkesan Enggan Diklarifikasi

Ilustrasi

Saibumi.com (SMSI), Lampung Timur - Rini Mulyati, Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Independent Pemberantasan Korupsi ( DPP LSM GIPAK ) di dampingi Arip Setiawan menyoroti beberapa item anggaran kegiatan festival dari dinas pariwisata Lampung Timur, salah satunya festival krakatau tahun 2020.


"Dari informasi yang masuk ke GIPAK, pagelaran akbar Lampung festival Krakatau 2020 ditiadakan, akan tetapi  anggaran di dinas pariwisata Lampung Timur, saat dilihat di LKPJ, terealisasi 100%, yakni Rp. 51.482.301. Anggaran ini yang kami duga fiktif," Tutur Rini.

BACA JUGA: Ratusan Warga Lampung Timur Ikuti Serbuan Vaksinasi

 

Ia sangat ironis melihat itu, kegiatan yang dibatalkan karena adanya pembatasan kegiatan (lockdown) pandemi covid-19, namun duit anggaran tetap dilaporkan terealisasi.

 

"Saat itu, melalui Sekdaprov Lampung, Fahrizal Darminto beserta jajarannya, dihadapan beberapa pers mengatakan pelaksanaan kegiatan festival Krakatau tahun 2020 telah dibatalkan oleh pemerintah daerah provinsi Lampung," ujarnya. Jum'at 6 Agustus 2021

 

Menurut Rini, surat klarifikasi sudah dilayangkan oleh LSM GIPAK untuk dinas pariwasata. Namun tak jua ada balasan. Disambangi ke kantor, kepala dinas tidak pernah ada diruangan.

 

"Tidak elok seorang kepala dinas, menghindar dan berupaya menutupi informasi pelaksanaa kegiatan itu. Kepala bidang pun sama saja, udah dikonfirmasi melalui whatsapp tetapi tidak memberi jawaban. Negara kita memiliki undang- undang keterbukaan informasi publik dan terkait anggaran bukanlah rahasia negara," Jelasnya

 

Dalam waktu dekat, kata Rini, LSM GIPAk akan bikin laporan pengaduan ke pihak terkait tentang dugaan yang disangkakan oleh lembaga tersebut.

 

"Selain anggaran Lampung festival Kratau, GIPAK juga akan mengadukan dua kegiatan dinas pariwisata ditahun 2020. Yaitu, kegiatan penyelenggaraan semarak festival Lampung Timur yang menghabiskan Biaya Rp. 63.985.597 dan penyelenggaraan festival budaya daerah yang anggaranya Rp. 92.337.483. Kedua kegiatan ini juga kami duga fiktif", jelas Rini. ((Robenson)

BACA JUGA: Sekitar 100 Pelamar CPNS Lamtim Dinyatakan Gugur Seleksi Administrasi



Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong