Logo Saibumi

Fungsi Slang Kecil Bening di Motor Matic

Fungsi Slang Kecil Bening di Motor Matic

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Pada motor jenis matic banyak terdapat part dari yang ukurannya besar, hingga kecil, seperti slang bening yang satu ini. Part motor matic termasuk selang kecil tersebut mempunyai fungsi masing-masing.


“posisi slang kecil ini sebenarnya gampang dilihat di motor matic yakni di bagian CVT bagian bawah. Tepatnya di sebelah kiri bagian bawah slangnya putih transparan atau bening. Slang bening ini mempunyai fungsi sebagai penutup lubang pembuangan bagian CVT motor matic” buka Robby Carokok, mekanik AHASS Astra Motor Imam Bonjol.

BACA JUGA: Telkomsel Hadirkan Platform Kuncie untuk Tingkatkan Kompetensi dan Keterampilan Praktis Talenta Kreatif Indonesia


Dimensi dari slang bening lumayan kecil kecil ukurannya, makanya sering diperhatikan dan disepelekan pemilik motor matic. Namun, sudah tahu belum jika slang bening ini mempunyai fungsi dan juga harus rutin dirawat.


Nyatanya, banyak juga yang belum atau enggak tahu fungsi slang ini dan bagaimana cara memperlakukannya.


Ternyata, fungsi dari slang ini sebagai kantung untuk menampung aliran endapan air yang masuk ke area CVT.


“Air masuk biasanya ketika melewati genangan air atau banjir, atau ketika motor dicuci. Selain itu, kantung slang kecil itu juga perlu dicek dan dibersihkan paling tidak sebulan sekali” tambah Robby.


Bagaimana caranya mengecek dan merawat selang kantung tersebut? Cukup siapkan tang, gunakan untuk membuka pengunci dari kantung pada CVT.


Setelah kantung terlepas, nyalakan mesin motor sampai 10 detik sambil membuka gas sedikit, agar sisa-sisa air bisa keluar. “Gampang banget cara rawatnya, tinggal buka pakai tang bagian klipnya, jika sudah kebuka hidupkan motor ya 10-15 detik” jelas Robby.


"Sambil hidupin mesin, bisa sambil keringin itu slang beningnya bisa ditiup atau semprot angin kompresor, jangan lupa nanti pasang lagi selang di CVTnya" tutup.


Robby. Kalau sudah, lalu matikan mesin motor dan pasang kembali kantung slang di tempat CVT-nya tadi.


Nah, jadi sekarang sudah tahu ya fungsi dan cara merawat slang kecil bening pada CVT motor matic.(SB05)

BACA JUGA: Oksigen Isi Ulang Masih Langka Di Bandarlampung, Ini Penyebabnya

#
>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.