Logo Saibumi

Pahami Tata Cara Isolasi Mandiri (Isoman) saat Pandemi COVID-19

Pahami Tata Cara Isolasi Mandiri (Isoman) saat Pandemi COVID-19

Saibumi.com (SMSI), Kasus COVID-19 naik terus belakangan ini. Kepanikan masyarakat memang makin terasa. Padahal, kepanikan bisa membuat kita tidak bisa berpikir jernih. Begitu hasil swab positif, banyak orang ingin segera ke rumah sakit dan dirawat. Sementara, gejala COVID-19 pada tiap orang berbeda-beda, begitu pula riwayat kesehatannya, sehingga membutuhkan penanganan berbeda, dan tidak semua perlu dirawat di rumah sakit. Ada orang-orang yang bisa menjalani pemulihan melalui isolasi mandiri di rumah, dengan pemantauan dokter atau puskesmas setempat dan dukungan lingkungan sekitarnya.    
 
Nah, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan, sebenarnya bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) atau karantina di rumah. Bagaimana aturan isoman agar pasien tetap aman, terpantau, dan tidak menularkan virusnya kepada anggota keluarga lainnya? 

Tata cara isolasi Mandiri 
1. Selalu pakai masker
2. Tidak keluar rumah
3. Jaga jarak
4. Jaga kebersihan
5. Berjemur
6. Pantau saturasi oksigen oksigen harus di angka 95 sampai dengan 100 bila terjadi di bawah itu itu harus hubungi dokter
7. Pantau suhu tubuh tidak boleh mencapai ai 38°

BACA JUGA: Kurangi Mobilitas, Polresta Bandar Lampung Akan Tambah 4 Jalur Penyekatan di Kota Bandar Lampung

Disiplin
Tentu akan terasa membosankan berhari-hari terkurung di dalam kamar seorang diri. Tapi, ingat, walaupun tanpa gejala, virus di tubuh penderita sangat berbahaya bagi sekitar. Karenanya, kedisiplinan dan kesabaran adalah salah satu kunci keberhasilan isoman. “Mohon tidak keluar rumah, karena membahayakan kelompok-kelompok lain.

BACA JUGA: Virus Delta Masuk Lampung, Eva Dwiana: Orang Tua Tolong Suruh Anak-Anak Tetap Dirumah



#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong