Logo Saibumi

Soal Nama Walikota Bandar Lampung Disebut Dalam Persidangan, Begini Penjelasan Wadek 1 FISIP Unila

Soal Nama Walikota Bandar Lampung Disebut Dalam Persidangan, Begini Penjelasan Wadek 1 FISIP Unila

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung (FISIP Unila), Dedy Hermawan memberikan klarifikasi atas informasi dipersidangan tentang Walikota Bandar Lampung titip Mahasiswa pada penerimaan mahasiswa Unila tahun 2022. 

 

BACA JUGA: Hiswana Migas Lampung: Terimakasih Atas Penambahan Kuota BBM Bersubsidi, BBM Bersubsidi Hanya Untuk Masyarakat Kecil

Melalui keterangan tertulisnya, Dedy Hermawan menyampaikan Walikota Bandar Lampung tidak pernah menitipkan keponakan atau siapapun, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk dapat diluluskan dalam penerimaan mhs baru tahun 2022 melalui jalur mandiri.

 

"Informasi yang benar, bahwa yang menitipkan sebenarnya adalah saudara Aryanto yang meminta tolong dan memohon agar anak kandungnya dapat diterima di fisip unila via jalur mandiri, hanya saja dalam daftar titipan yg disita KPK tertulis penitipnya Walikota Bandar Lampung," ungkapnya, Rabu (25/1/2023). 

 

Lebih lanjut hal ini dimaksudkan sebagai informasi saja bahwa beliau loyalis dan relawan dari Walikota Bandar Lampung yang harapannya dapat jadi bahan pertimbang panitia penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. 

 

"Saudara Aryanto menitipkan anak kandungnya dengan cara mengirim tanda pendaftaran mahasiswa jalur mandiri ke wakil dekan bidang akademik dan Kerjasama," jelasnya. 

 

Kemudian, sebagaimana fakta persidangan bahwa titip menitip mahasiswa baru, khususnya jalur mandiri, memang sudah sejak lama. 

 

"Di Fisip pun terjadi hal demikian, yang para pihak yang menitip dari keluraga besar fisip unila dan unila seperti satpam, karyawan, dosen, pensiunan karyawan Unila, pimpinan dan juga dari mitra mitra kerja fisip unila seperti instansi pemerintahan di Lampung. Termasuk juga unsur masyarakat," tuturnya. 

 

Selanjutnya Dedy Hermawan juga menyampaikan, seluruh pihak yang melakukan penitipan tersebut, termasuk saudara Aryanto, tidak ada yg dijanjikan bahwa anaknya dapat lulus dan diterima. 

 

"Semua diserahkan sepenuhnya pada panitia penerimaan dan hasil tes serta kecukupan daya tampung. Tidak ada yg dimintai duit, dan tidak ada janji apapun andai dinyatakan lulus," pungkasnya. 

 

Sebelumnya diberitakan, dalam Persidangan Terdakwa Karomani, Muhammad Basri, dan Heryandi nama Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana disebut turut menintipkan satu mahasiswa ke Fakultas Fisip Unila.

 

Hal tersebut disampikan Dekan Fakujtas Fisip Unila Ida Nurhaida saat menjadi saksi kasus suap penerimaan mahasiswa Unila di PN Tanjungkarang, Selasa, 24 Januari 2023. 

 

Hakim Anggota Efiyanto menanyakan, apakah saudara saksi Ida Nurhaida yang merupakan Dekan Fakultas FISIP Universitas Lampung mengenal seluruh orang yang menitipkan nama mahasiswa kepadanya. 

 

"Saudara saksi mengenal seluruh daftar yang menitipkan kepada saudara," tanya Hakim. 

 

"Iya kenal, tapi saya tidak mengenal mahasiswanya," jawab Ida. 

 

"Lalu apakah mengenal Dicky Zaharudin," tambah Hakim Efiyanto. 

 

"Tidak kenal yang mulia," jelas Ida

 

Hakim Anggota Efiyanto kembali menanyakan, apakah mengenal Eva Diana yang kemudian nama tersebut diralat menjadi Eva Dwiana. 

 

"Eva Dwiana pak, itu Ibu Walikota Bandar Lampung. Namun, tidak menitipkan lewat saya," ungkap ida. 

 

"Lalu lewat siapa," tanya Hakim Efiyanto lagi. 

 

"Lewat Wadek 1," jawab Ida lagi. 

 

Usai persidangan, Ida yang dicecar oleh wartawan terkait munculnya nama orang nomor di Kota Bandar Lampung. Dia mengatakan silahkan tanya kepada Wakil Dekan I Fisip. 

 

"Silahkan tanya ke Wadek I, saya serahkan kepada Wadek I," jawabnya kepada wartawan.

 

Terkait munculnya nama Eva, JPU KPK, Afrisal mengatakan hal itu akan menjadi laporan ke pimpinan KPK.

 

"Itu kan menjadi fakta persidangan baru, tentu akan kami laporkan kepada pimpinan terlebih dahulu," tandasnya. (*)

BACA JUGA: Gubernur Arinal Djunaidi Lakukan Kunjungan Kerja ke Pesisir Barat, Sampaikan Kemajuan Infrastruktur untuk Tingkatkan Akses Perekonomian dan Pariwisata Daerah

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA