Logo Saibumi

Desa Kemalo Abung Rehab Jembatan Gantung, Penghubung Antar Dua Kabupaten dan Desa

Desa Kemalo Abung Rehab Jembatan Gantung, Penghubung Antar Dua Kabupaten dan Desa

Saibumi.com (SMSI), Kotabumi - Pemerintah Desa Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), menggelar kegiatan pembangunan Swakelola Padat Karya Tunai (PKT) di Desa setempat, Senin (3/10).

 

BACA JUGA: Polres Lampung Barat Gelar Doa Bersama dan Salat Ghaib

Salah satu kegiatan yang mulai dilaksanakan tersebut adalah, rehab jembatan gantung, yang terletak di RT IV, Dusun Trimodadi Tua, Desa Kemalo Abung. Diketahui, jembatan gantung tersebut memiliki panjang 30 M dan Lebar 2 M.

 

Jembatan tersebut juga merupakan, jembatan gantung satu satunya, yang di bangun di atas permukaan sungai Way Pengubuan, yang menghubungkan antara 2 (Dua) Desa dan Dua Kabupaten sekaligus. Yaitu antara Desa Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, dan Desa gedung Sari, Kecamatan Anak Ratu Aji, Kabupaten Lampung Tengah.

 

Supriono, Kepala Desa Kemalo Abung, saat di konfirmasi di lokasi mengatakan bahwa, dana yang di anggarkan untuk rehab jembatan gantung tersebut sebesar Rp.145 juta, yang bersumber dari Dana Desa tahap 2, Tahun Anggaran 2022. Kegiatan itu juga meliputi perbaikan seling penggantung, penggantian seling utama bawah, seling penyeimbang (tarikan angin) dan perbaikan rangka bawah, pengecatan serta lainnya.

 

"Pelaksana kegiatan ini adalah TPK Desa Kemalo Abung, dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai tukang dan pekerjanya. Seperti kita maklumi bahwa tujuan PKT itu sendiri adalah untuk membangun sarana prasarana desa, dan untuk menciptakan lapangan kerja di perdesaan. Mudah mudahan rehab jembatan ini segera selesai, agar aktivitas sosial, ekonomi masyarakat bisa kembali lancar" jelasnya.

 

Masih kata Supriono, selain kegiatan rehab jembatan gantung, pihaknya juga merealisasikan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), selama 3 bulan, kepada 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan rincian, setiap KPM wajib menerima BLT-DD sebesar Rp.300 ribu/bulan. Dengan hasil kalkulasi, masing-masing KPM menerima bantuan sebesar Rp.900 ribu/3 bulan. Dengan jumlah total pagu anggaran BLT-DD sebesar Rp. 72 juta. 

 

"Saya berharap, bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat. Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat Desa Kemalo Abung, dapat bersama-sama menjaga semua aset pembangunan yang ada di Desa ini, demi menunjang kebutuhan, kemajuan, dan pertumbuhan ekonomi masyarakat kedepannya" ujar Supriono.

 

Sementar itu, mewakili Maryadi, Camat Abung Selatan, Efendi, selaku Kasi Pembangunan Kecamatan setempat, dengan di dampingi oleh Pendamping Desa, Babinsa, dan Babinkamtibmas mengatakan bahwa, dari hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan perehaban jembatan gantung yang ada di Desa Kemalo Abung tersebut, sejauh ini berjalan cukup baik dan lancar.

 

"Untuk teknis pekerjaan, di nilai Cukup baik. Selain itu para pekerja di ambil dari masyarakat setempat. Sehingga secara otomatis, lapangan pekerjaan terbuka serta pemberdayaan masyarakat berjalan baik dan lancar" pungkasnya. (ferdani)

BACA JUGA: Penyelidikan Perkara Minyak Goreng Masuk Tahap Sidang, 1 Grup Perusahaan Asal Lampung Masuk Daftar

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA