Logo Saibumi

Begini Kata RPA Lampura yang Bakal Dampingi Ibu Muda Aniaya Anak Kandung

Begini Kata RPA Lampura yang Bakal Dampingi Ibu Muda Aniaya Anak Kandung

Saibumi.com (SMSI), Lampung Utara - Rumah Perempuan dan Anak( RPA ) Lampung Utara akan memberikan pendampingan hukum kepada Pelaku Penganiayaan anak kandung sendiri( LPN ) yang terjadi di kecamatan Bukit kemuning, Lampung Utara, pasca ditahannya LPN di Mapolres Lampung Utara. Senin, (12/9/22).

 

BACA JUGA: Ratusan Pelajar Diamankan Polresta Bandar Lampung

Berdasarkan adanya laporan polisi Nomor : LP/2553/A/IX/2022/POLDA LAMPUNG/SPKT RES L U/ tanggal 08 September 2022 yang lalu.

 

Setelah Ketua Advokasi RPA Lampung Utara Ratna Susanti, S.H., M.H. beserta tim mengunjungi pelaku beserta anak kandungnya yang saat itu (8/9) berada di ruang tahanan Polres Lampung Utara, dugaan sementara kekerasan tersebut dilakukan karena pelaku depresi akibat penelantaran yang telah dilakukan suami Pelaku, yang selain tidak memberikan nafkah sama sekali juga menjalin hubungan dengan seorang wanita bahkan sengaja mengirimkan foto dan video mesra dengan wanita lain.

 

Selain itu Suami Pelaku juga pergi dengan meninggalkan banyak hutang, hampir setiap hari datang orang menagih hutang dan marah-marah ke rumah Pelaku, sehingga Pelaku yang merupakan yatim piatu yang sehari-hari mencari penghasilan dengan berjualan sayur dan sering diminta jasa ojek mengantar jemput anak sekolah ini, melampiaskan kekesalannya dengan menganiaya anak kandungnya yang masih balita.

 

Ketua RPA Lampung utara, ELVIANA,S.E. mengatakan RPA melalui tim Advokasinya akan memberikan pendampingan hukum kepada Pelaku, karena menurutnya pelaku juga merupakan korban kekerasan Psikis yang dilakukan oleh suaminya.

 

Pihaknya akan mengupayakan semaksimal mungkin agar pelaku memperoleh keadilan dan berharap agar kasus Penganiayaan ini dapat diselesaikan secara restorative Justice sesuai Peraturan polri Nomor 8 Tahun 2021, mengingat anak tersebut masih menyusui dan berdasarkan hasil visum di puskesmas tidak ditemukan luka.

 

"Lebih tepat anak tetap diasuh oleh ibunya tentu saja dibawah pengawasan pihak yang bersedia bertanggung-jawab, selain itu berharap kepolisiaan melakukan pemanggilan kepada suami Pelaku," ungkap Elviana, SE.

 

Untuk sementara korban yang merupakan balita berusia 1 tahun 3 bulan tersebut dititipkan di sebuah panti dalam naungan Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara. (Ridho)

BACA JUGA: Wagub Chusnunia Chalim dan Forkopimda Provinsi Lampung Hadiri Upacara HUT TNI AL Ke-77 di Mako Lanal Lampung Caligi

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA