Logo Saibumi

Apa Itu Account Eksekutif? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Account Eksekutif? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Saibumi.com (SMSI), Tahukah kamu, jika saat ini account eksekutif menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan? Hal ini karena ada banyak perusahaan yang mencari kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Mulai dari perusahaan web, reseller domain dan id domain, digital agency, hingga startup yang baru berkembang.

 

BACA JUGA: Apa itu keyword: Pengertian, Jenis, dan Cara Melakukan Riset

Nah, bagi kamu yang memiliki jiwa sosial dengan ambisi tinggi, maka pekerjaan ini sangat cocok. Pasalnya, perusahaan membutuhkan account eksekutif untuk memperluas hubungan dengan para klien. Ingin tau lebih lanjut tentang posisi ini, langsung saja simak informasi berikut!

Apa itu Account Executive?

Dilansir dari Investopedia, account eksekutif atau yang biasa disebut dengan AE, merupakan posisi dalam perusahaan yang bertanggung jawab atas pengelolaan hubungan bisnis dengan para klien. AE juga memiliki peranan penting untuk menghubungkan suatu vendor dengan kliennya.

 

Tugas utama dari AE sendiri yakni mencari tahu dan memahami keinginan dari klien. Dalam menjalin hubungan, seorang account eksekutif bisa melakukannya dengan berbagai cara. Mulai dari meeting formal, brainstorming, hingga obrolan ringan.

 

Akan tetapi, posisi AE ini tidak sama dengan Marketing dan juga Sales. Hal ini karena AE tidak memiliki hubungan secara langsung dengan barang yang dijual serta menggunakan surat penawaran resmi pada saat menawarkan produk dari perusahaan.

Tanggung Jawab Account Eksekutif

Dalam dunia pekerjaan khususnya perusahaan multinasional, setiap bagian atau posisi tentu saja memiliki tanggung jawab masing-masing. Nah, untuk bagian account eksekutif sendiri, ada beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi, sebagaimana berikut ini.

 

  • Melakukan identifikasi atas kebutuhan setiap klien.
  • Berpartisipasi dalam meeting untuk mendiskusikan produk dengan klien.
  • Mengembangkan ide pemasaran sesuai kebutuhan klien.
  • Menyediakan produk sesuai dengan riset pasar.
  • Menemukan cara paling efektif agar klien terkesan dengan produk.
  • Membuat rencana untuk mengenalkan produk pada klien.
  • Memantau implementasi ide marketing.
  • Menganalisa anggaran dan biaya penjualan.
  • Mengevaluasi implementasi ide pemasaran.

Tugas Account Eksekutif

Melakukan pendekatan serta penawaran hingga membentuk kesepakatan yang menguntungkan menjadi tugas utama dari seorang account eksekutif. Selain tugas utama tersebut, ada pula beberapa tugas lain seperti di bawah ini.

1. Mencari client baru 

Seorang account eksekutif mempunyai tugas untuk mencari dan menarik klien baru yang berpotensi mengembangkan bisnis perusahaan. Nah, saat itulah AE harus menggabungkan antara keterampilan penjualan dan pemasaran.

2. Mempertahankan client lama 

Tidak hanya mencari klien baru, AE juga wajib mempertahankan dan menjaga hubungan dengan para klien yang sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan. Dengan menganalisa kebutuhan bisnis, AE harus bisa mengidentifikasi potensi baru untuk tetap berkolaborasi, sehingga mendapat keuntungan baru.

3. Menjaga kepuasan klien

Dapat dikatakan jika kepuasan klien berada di tangan account eksekutif. Untuk menjaga kepuasan klien, AE harus bisa meminta umpan balik dari perusahaan pemasok secara rutin. Umpan balik ini juga dibutuhkan agar tujuan masa depan yang realistis bisa dicapai.

4. Menghilangkan ancaman dari kompetitor 

Tugas AE yang berikutnya adalah memastikan prospek atau pelanggan tidak bergantung dengan kompetitor. Oleh sebab itu, AE perlu mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan kompetitor, agar perusahaan bisa tetap lebih unggul.

5. Mengumpulkan dan menganalisa data 

Menganalisa dan mengumpulkan data-data penting, bertujuan untuk membantu bisnis dalam mengidentifikasi layanan yang paling ideal dengan target pertumbuhan. Data tersebut bukan hanya untuk prospek yang baru, namun juga dalam penyusunan strategi yang akan digunakan oleh perusahaan.

Apa Skill yang Harus Dimiliki Account Eksekutif?

Jika sudah paham Apa itu account eksekutif, tanggung jawab, dan tugasnya, apa kamu tertarik untuk mengisi posisi ini? Karena mobilitas yang tinggi, tentunya account eksekutif butuh skill dan keterampilan tersendiri. Jadi sebelum kamu mendaftar posisi tersebut, pastikan kuasai beberapa skill berikut.

1. Komunikasi

Dalam posisi account eksekutif, skill komunikasi sangat krusial harus benar-benar dikuasai. Baik itu komunikasi secara verbal maupun nonverbal, keduanya perlu dikuasai untuk bisa menarik dan menjaga hubungan yang baik dengan setiap klien.

2. Penjualan

Walaupun tidak berkaitan dengan penjualan secara langsung, AE wajib paham cara kerja dan juga proses tim penjualan. Pasalnya, AE harus bisa membuat klien yakin dengan produk yang ditawarkan. Jadi pastikan kamu punya skill sales yang baik untuk bisa masuk ke posisi account eksekutif.

3.Negosiasi

Skill yang tidak kalah penting lainnya adalah negosiasi, dimana tugas utama AE adalah membentuk kesepakatan bersama klien. Dengan skill negosiasi yang mumpuni, bukan tidak mungkin klien yang tadinya tidak tertarik dengan penawaran, menjadi penasaran dan menyetujui penawaran tersebut.

4. Presentasi

Dapat dibilang jika skill yang satu ini berhubungan erat dengan beberapa skill sebelumnya. Untuk mendapatkan kesepakatan dan menghindari adanya salah paham, maka seorang account eksekutif wajib punya skill presentasi yang baik.

 

Dari informasi pengertian account eksekutif, tugas, tanggung jawab, dan skill yang harus dikuasai di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk menjalani pekerjaan ini? Jika memang tertarik untuk menekuni, pastikan kamu mempunyai beberapa skill yang sudah dijelaskan di atas, ya!

 

BACA JUGA: Ratusan Pelajar Diamankan Polresta Bandar Lampung

#
>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA