Logo Saibumi

Disambut Suka Cita, Jemaah Haji Kloter Terakhir Tiba di Lampung

Disambut Suka Cita, Jemaah Haji Kloter Terakhir Tiba di Lampung

Foto: Kedatangan Jemaah haji disambut isak tangis keluarga | Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Jemaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir Provinsi Lampung tiba di Asrama Haji yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Rajabasa, Kota Bandar Lampung pada Selasa, 2 Agustus 2022, sekira pukul 16.10 Wib. 

 

BACA JUGA: Masyarakat Mengadu Terkait PPDB ke OMBUDSMAN Lampung, Total Ada 10 Laporan yang Masuk

Plh Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Lampung, Akhor Wiwit Sudiono menuturkan bahwa adapun jumlah jemaah yang pada hari ini tiba sebanyak 409 jemaah yang terdiri dari beberapa wilayah di Bumi Ruwa Jurai. 

"Iya hari ini kita kedatangan Jemaah Haji kloter terakhir yang berasal dari Pesisir Barat, Way Kanan, Bandar Lampung, Lampung Timur, dan Tanggamus, dengan jumlah jamaah 409 Jemaah," ungkap Akhor saat diwawancarai. 

 

Lebih lanjut ia membenarkan, apabila hari ini merupakan kedatangan kloter terakhir jemaah haji. 

 

"Jadi yang datang pada hari ini adalah kloter terakhir setelah ada 8 kloter yang sudah kita terima, dengan rincian 7 kloter penuh, dan 1 gabungan dengan Banten full dengan maskapai Saudi Arabia," jelasnya.

 

Kemudian adapun total jemaah haji yang telah datang sampai dengan hari ini sebanyak 3,289 dari jumlah total keseluruhan yang berangkat sebanyak 3,294 jemaah. 

"Total yang sudah kembali termasuk hari ini yang datang itu, jadi total yang berangkat itu 3,294 lalu ada yang kurangi dengan jemaah yang meninggal 5, total kurang lebih itu ada 3,289 yang kembali ke Lampung. Alhamdulillah, dari kedatangan pertama dan hari ini terakhir ini berjalan dengan lancar dan sukses dan jemaah juga sudah diantarkan ke daerah-daerah nya masing-masing," tuturnya. 

 

Selanjutnya, saat ditanya apakah ada dari para jemaah haji yang terkonfirmasi Covid-19, menurutnya informasi yang pihaknya terima sebanyak 7 jemaah dengan kondisi gejala ringan. 

 

"Nah, kalau terkait Jumlah real nya di Kantor KKP, ada beberapa yang memang gejala ringan saja. Jadi Jemaah yang mengalami gejala-gejala itu di kloter-kloter pertama, dan kita sudah menganjurkan untuk isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Kurang lebih informasi yang kita terima sebanyak 7 Jemaah, dan itu di kloter awal, saat ini sudah terkonfirmasi sehat. Karena, secara umum apabila jemaah pulang dari haji itu pilek dan flu memang secara umum terjadi. Insyaallah saat ini sudah sehat semuanya," imbuhnya. 

Selain itu, apakah Jemaah yang hari datang diberlakukan test Akhor menyampaikan bahwa hal pasti itu dilakukan, karena merupakan kebijakan nasional. 

 

"Jadi, seluruh jemaah yang pulang, maka harus dilakukan swab antigen. Nah, memang kita ada 3 kloter yang tidak dilakukan tes antigen, karena kebijakannya baru keluar beberapa waktu ini. Jadi yang hari ini datang kita lakukan tes antigen. Setelah dilakukan antigen di lokasi asrama haji, para jemaah tidak lagi dilakukan antigen setelah di rumah. Karena, kebijakan terbaru ini," ujarnya. 

 

Akhor pun menambahkan, bahwa sesuai himbauan dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP), jika ada kondisi Jemaah yang kurang sehat segera melapor ke pusat kesehatan masyarakat terdekat. Untuk diadakan pengobatan dan lain sebagainya. 

"Para jemaah yang telah tiba di rumah masing-masing bagi yang kurang sehat dilaksanakan isoman, akan tetapi yang dalam keadaan sehat tidak dilakukan isoman. Kalau pemantauan dari dinas kesehatan bagi jemaah yang sakit itu isoman sampai 21 hari kedepan. Karena SOP normalnya seperti itu. Secara umum jemaah kita sehat," pungkasnya. (Riduan)

BACA JUGA: Perkembangan Harga Produsen Gabah, Beras, dan Nilai Tukar Petani Provinsi Lampung Juli 2022

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Indonesia, media online Indonesia yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA