Logo Saibumi

Anti Ribet Dengan Smart Key System

Anti Ribet Dengan Smart Key System

Saibumi. com, Bandar Lampung - Brosis pasti sudah pada tahu kan kalo beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah keyless atau sudah menggunakan teknologi Honda Smart Key System. Keunggulan dari Honda smart key adalah dapat menghidupkan sepeda motor Honda tanpa anak kunci. 

Dhania, Counter Sales Astra Motor Imam Bonjol menjelaskan, fitur lain yang terdapat pada Honda smart key diantaranya answer back system dan anti thief alarm. Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor Brosis dan memberitahu Brosis bahwa fungsi immobilizer pada sistem Honda smart Key telah diaktifkan, lalu fitur anti thief alarm (sistem alarm anti-maling) berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian.

BACA JUGA: Honda Patria Turut Meramaikan Kegiatan Turnamen Liga Santri Dikabupaten Way Kanan

Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer berbunyi dan lampu sein berkedip. Saat ini terdapat dua jenis model remote smart key yang dimiliki sepeda motor Honda, yaitu model remote dengan 2 tombol fungsi & 3 tombol fungsi, adapun penjelasan bagian-bagian dari Honda smart key ini adalah sebagai berikut :

Hindari tekanan berlebih terhadap remote smart key

Tekanan yang berlebih pada remote smart key dapat mengakibatkan kerusakan terlebih lagi apabila terjatuh dari tempat yang tinggi atau dengan keras akan menjadikan remote smart key dapat menjadi error.

Hindari meletakkan remote smart key di dalam bagasi sepeda motor

Meletakkan remote smart key di dalam bagasi depan maupun bagasi bawah jok sepeda motor berpotensi remote smart key tertinggal di bagasi pada saat brosis meninggalkan sepeda motor. Apabila remote smart key tertinggal menjadikan sepeda motor dapat dinyalakan (starter) oleh orang lain.

Usahakan remote smart key tetap kering

Remote smart key yang terkena air atau basah dapat berpotensi terjadinya korsleting apabila digunakan secara langsung. Apabila smart key terkena air atau basah diusahakan mengeringkan nya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Jauhkan remote dengan benda elektronik yang menghasilkan gelombang radio

Gelombang radio yang terdapat pada perangkat eloktronik seperti televisi, laptop dan PC dapat mengganggu sinyal komunikasi antara remote smart key dengan sepeda motor.

Pastikan hanya membawa satu remote smart key

Dalam penggunaannya, dianjurkan hanya membawa satu remote smart key agar meminimalisir terjadinya kehilangan semua remote smart key yang dimiliki, sehingga apabila brosis kehilangan remote smart key dalam perjalanan ketika berkendara, brosis masih mempunyai cadangan remote smart key dirumah.

Pastikan remote smart key selalu melekat pada diri Anda

Pastikan remote smart key selalu melekat pada diri Brosis, misalnya diletakan di saku atau di dalam tas brosis agar mengurangi potensi terjadinya kehilangan remote smart key.

Pastikan selalu membawa emergency key dan ID tag

Emergency key berfungsi untuk membuka jok sepeda motor ketika brosis kehilangan remote smart key-nya, namun perlu diperhatikan juga untuk memisahkan emergency key dan ID tag dengan remote smart key supaya semuanya tidak hilang secara bersamaan.

Pastikan saklar starter sepeda motor dan remote smart key dalam posisi off pada saat meninggalkan sepeda motor

Pada saat Brosis sampai ditempat tujuan, pastikan saklar starter sepeda motor pada posisi (O) atau dalam posisi kunci stang dan remote smart key dalam posisi off agar sinyal antara remote smart key dan sepeda motor terputus

Pastikan remote smart key berada pada jarak lebih dari 2 meter dengan sepeda motor

Ketika Brosis tidak berkendara atau sedang parkir, pastikan antara remote dan sepeda motornya berada pada jarak lebih dari 2 meter karena walaupun kondisi sepeda motor tidak menyala, remote dan sepeda motor masih saling berkomunikasi melalui sinyal radio. Hal tersebut dapat mengakibatkan baterai (aki) menjadi drop atau soak. 

Dengan informasi diatas, diharapkan dapat menambah wawasan pengendara sepeda motor Honda mengenai penggunaan smart key. Sehingga keamanan dan kenyamanan berkendara tidak akan terganggu.(SB05) 

BACA JUGA: Edukasi Berkendara Aman Bagaimana Melintasi Jalan Berlubang

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA