Logo Saibumi

Kenali Arti Kode Lampu Dim

Kenali Arti Kode Lampu Dim

Saibumi. com, Bandar Lampung - Fitur lampu jauh (Pass Beam atau High Beam) saat ini banyak digunakan pada motor, khususnya tipe sport. Sayangnya, masih banyak bikers yang menggunakan lampu dim pada saat yang tak tepat, sehingga malah membuat silau pengendara dari lawan arah.

Lalu, sebenarnya apa fungsi lampu dim itu sendiri?

BACA JUGA: Paket Hemat AHASS Dari NSS Kedaton

Fungsi lampu dim sebagai alat bantu penerangan di kondisi jalan yang minim pencahayaan, terutama saat malam hari. "Fungsinya untuk jalan yang minim pencahayaan. Sehingga membantu memperluas jarak pandang saat malam hari khususnya,” kata Suroso, Kepala AHASS Astra Motor Imam Bonjol. Nah, seperti apa etika penggunaannya?

Paling penting, jangan gunakan lampu dim pada kondisi pencahayaan yang baik serta pada jalan-jalan yang padat lalu lintasnya. "Tidak dianjurkan digunakan dengan kondisi jalan yang ramai. Karena akan menyilaukan pengendara lainnya, yang bisa berakibat kecelakaan," terang Suroso.

Selain itu, ternyata menggunakan lampu dim untuk menyalip kendaraan di depan juga hal yang salah. Pasalnya, ini justru akan membahayakan pada reflek mata pengguna jalan lainnya akibat pantulan cahaya.

"Lampu dim yang menyilaukan membuat mata pengendara lain menyesuaikan penglihatan untuk beberapa saat. Ini bisa menyebabkan hilang konsentrasi dan berakibat pada kecelakaan. Karena sepersekian detik di jalan itu sangat berharga bagi keselamatan," pungkas Suroso.

Jadi, sebaiknya lebih bijak lagi dalam menggunakan lampu dim ini agar berkendara tetap aman bagi diri sendiri dan orang lain.(SB05) 

BACA JUGA: Tunas Honda Bersama Jaringannya NSS Kedaton Sukses Menggelar Honda Happy Hour Bersama HCI

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA



Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong