Logo Saibumi

Gasak Handphone dan Pukuli Korbannya, 2 Pelaku dan 1 Penadah Berhasil Diciduk

Gasak Handphone dan Pukuli Korbannya, 2 Pelaku dan 1 Penadah Berhasil Diciduk

Foto: Saibumi.com/Riduan

Saibumi.com (SMSI), Bandar Lampung - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung ungkap kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melibatkan anak dibawah umur yang terjadi di wilayah hukum Polda Lampung. 

 

BACA JUGA: Nikmati Jajanan Tempo Dulu di Harmony Expo 2022 JEC

Dalam hal ini Kasubdit 3 Ditreskrimum, Kompol Yustam Dwi Heno mengatakan adapun dasar dari pengungkapan ini adalah Laporan Polisi Nomor: LP/ B / 413 / VI / 2022 / LPG / RESTA BL / SEKTOR SUKARAME, tanggal 16 Juni 2022, atas nama pelapor Yusnani. 

 

"Waktu Kejadian, pada hari Rabu, tanggal 16 Juni 2022, sekira pukul 19:19 wib; adapun Tempat Kejadian Perkara (TKP) bertempat di Jalan Pulau Buton Gg. Palem No. 27 B, Lk. 1, Rt. 006, Kel Jagabaya II, Kec Way Halim Kota Bandar Lampung," ungkap Kompol Yustam, Senin (20/6/2022). 

 

Kemudian, dugaan terjadinya tindak pidana pencurian dengan kekerasan itu dilakukan oleh 2 orang terduga pelaku terhadap korban yang bernama Muhammad Raafi Arraihan berusia 12 tahun. 

 

"Tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang dilakukan oleh 2 orang terduga pelaku masing-masing berinisial RF dan EA mereka berusia 17 tahun dengan cara 2 berboncengan menggunakan sepeda motor merk Honda Beat, warna hitam milik terduga pelaku EA yang saat itu dikendarai oleh terduga pelaku EA (U17) mendatangi korban yang sedang bermain Handphone depan rumahnya," jelasnya. 

 

Selanjutnya, pelaku berinisial RF berpura-pura menanyakan alamat, belum sempat korban menjawab, pelaku berinisial RF langsung memukul korban di bagian dada dan langsung mengambil Handphone merk OPPO A 31 warna hitam milik korban. 

 

"Setelah berhasil mengambil Handphone tersebut pelaku berinisial RF berusia 32 tahun dan EA berusia 17 tahun, langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor," tuturnya. 

 

Setelah berhasil melarikan diri, kedua pelaku mendatangi rumah tersangka lainnya yaitu berinisial KF berusia 27 tahun. 

 

"Handphone itu berhasil dijual dengan harga Rp. 650 ribu. Lalu, dibagi 2 dan masing-masing pelaku mendapatkan uang Rp. 300 ribu. Sementara sisanya sebesar Rp. 50 ribu dipakai untuk membeli bensin dan rokok," imbuhnya. 

 

Kompol Yustam juga menyampaikan, bahwa kronologis penangkapan kedua pelaku eksekutor dan satu penadah dilakukan pihaknya pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022 sekira pukul 01.00 Wib. 

 

"Tim Resmob Unit 2 Subdit III/Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung berhasil, telah melakukan penangkapan terhadap 3 orang terduga Pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan, dan dilakukan penangakanpan di rumah pelaku masing-masing di Daerah Sukarame II dan Kelurahan Kaliawi Kota Bandar Lampung," bebernya. 

 

Setelah di lakukan penangkapan. para terduga pelaku di bawa Ke Ruang Subdit III / Jatanras Ditreskrimum Polda Lampung untuk di lakukan penyidikan lebih lanjut.

 

"Motif para pelaku melakukan perbuatan tindak pidana pencurian dengan kekerasan tersebut adalah faktor ekonomi/untuk mendapatkan uang," ujar Kompol Yustam. 

 

Adapun kepada pelaku berinisial RF, dipersangkaan pasal 365 ayat (2) KUHPidana, dengan ancaman hukuman 12 (dua belas) tahun penjara.

 

'Namun terduga pelaku berinisial EA (U17), yang masih berusia dibawah umur, sehingga diterapkan persangkaan pasal 365 ayat (2) KUHPidana jo pasal 55 KUHPidana jo Undang undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dengan ancaman hukuman 12 (dua belas) tahun penjara," ucap Kompol Yustam. 

 

Dan terhadap pelaku berinisial KF, dengan persangkaan pasal 365 KUHPidana jo pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Riduan)

BACA JUGA: Gelar Upacara Hari Ulang Tahun, Ini Harapan Walikota Bandar Lampung

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA