Logo Saibumi

Nikmati Jajanan Tempo Dulu di Harmony Expo 2022 JEC

Nikmati Jajanan Tempo Dulu di Harmony Expo 2022 JEC

Foto : Aneka Jajanan Tempo Dulu yang tersedia di Harmoni Expo (Saibumi.com/ONE)

Saibumi.com(SMSI), Yogyakarta - Ingin bernostalgia menikmati jajanan tempo dulu, datang saja ke pameran Harmony Expo 2022 di JEC Yogya, mulai 19 – 26 Juni 2022.

 

BACA JUGA: Gelar Upacara Hari Ulang Tahun, Ini Harapan Walikota Bandar Lampung

Sejumlah makanan tempo dulu seperti sawut, cenil, ongol-ongol dan putu mayang yang akhir-akhir ini semakin jarang ditemui, bisa didapatkan pada salah satu stand UMKM.

Adalah Pujiatin (54), salah satu pengrajin makanan tradisional dari Banyukuning, Bandungan Kabupaten Semarang yang menyediakan aneka makanan tempo dulu yang berbahan dasar ketela pohon dan ketan. 

 

Selain sawut, cenil, ongol-ongol dan putu mayang, ada juga klepon, lopis, ketan lopis, ketan hitam dan sejumlah jajanan tradisional lain yang dimasak tanpa membutuhkan minyak goreng. Harganyapun sangat bersahabat.

 

Menurut pujiatin, dirinya sudah mulai membuat dan menjual makanan tersebut sejak 7 tahun lalu. Awalnya hanya beberapa macam saja, kini sudah berkembang menjadi sekitar 10 jenis makanan tradisional tempo dulu. 

 

“Alhamdulillah, peminatnya banyak setiap saya mengikuti pameran di beberapa kota,” jelas Pujiatin Senin (20/6/2022).

 

Pameran pada sejumlah kota di jateng dan DIY pernah diikutinya, namun demikian dipilih kota kota yang jarak tempuhnya tidak terlalu lama dari Bandungan, seperti Batang, Solo, Kudus, Magelang dan Yogyakarta. 

 

“Saya hanya ikut di pameran-pameran yang terjangkau transpornya dan tidak membutuhkan waktu lama. Ini dikarenakan, keluarga saya membuat atau memasaknya tetap di rumah Bandungan, sehingga setiap harinya harus wira-wiri. Makanan tersebut sama sekali tanpa pengawet, jadi setiap hari harus memproduksi,” tambah Pujiatin.

 

Pada hari pertama pembukaan pameran Harmoni Expo 2022 di JEC, 19/6, Camilan tempo dulu yang dibawanya banyak diminati pengunjung. Dari berbagai jenis makanan tradisional tempo dulu, tiga yang paling laku, yakni cenil, putu mayang dan ongol-ongol. 

 

Ajang pameran Harmony Expo 2022 dalam rangka meramaikan Pesparawi XIII tahun 2022, diikuti puluhan perajin UMKM unggulan dari berbagai daerah dan puluhan peserta dari kantor, lembaga maupun sejumlah pemerintah daerah di tanah air, akan berlangsung hingga 26 juni mendatang. (Saibumi.com/ONE)

BACA JUGA: Polisi Ungkap Sindikat SIM Palsu di Tubaba, 5 Orang Jadi Tersangka

>

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA